Amien Rais Berharap Pengembang Reklamasi Dibawa ke Jalur Hukum

Ngelmu.id, JAKARTA – Mantan Ketua MPR HM Amien Rais meminta para pengembang proyek reklamasi di pantai utara Jakarta dibawa ke jalur hukum.

“Siapa yang dulu itu mendanai ini, pengembang-pengembangnya siapa? Semua harus dibawah ke meja hijau,” kata Amien saat menjadi pembicara di seminar terbuka “Setop Reklamasi di Jakarta” di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/5) kemarin.

Dia berpendapat, jika para pengembang ini ditangkap, ia yakin Indonesia, khususnya Jakarta terbebas dari kepentingan negara luar yang ingin menguasai Ibu Kota.“Kalau begitu, insya Allah tidak lagi negara kita ini dicaplok pengembang dari luar negeri, kita dianggap negeri abal abal. Rakyat kita dianggap jongos dan kuli dan ini saya kira sangat bagus untuk pelajaran kita semua,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menantang Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk mengadu data dan fakta soal pembangunan reklamasi di Teluk Jakarta.

Pihaknya mempersilahkan Luhut melanjutkan proyek reklamasi jika data yang dimilikinya valid.“Tapi kalau data kami lebih shahih maka pak Luhut juga harus hentikan (reklamasi),” ucapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Menko Kemaritiman sangat berkeinginanan untuk tetap melanjutkan pembangunan pulau reklamasi. Padahal oleh para ahli dan pakar dari berbagai disiplin ilmu, reklamasi adalah sebuah proyek yang tidak menguntungkan rakyat nelayan.