Amin Rais Soal Reklamasi “Cina Sudah Kepanasan, Indonesia Jadi Target”

Sebuah organisasi intelektual (non partisan) di bidang kebijakan publik, khususnya yang menyangkut sumber daya alam dan industri strategis, IRESS menggelar seminar Pada hari Selasa 16 Mei 2017, pukul 10.15 wib diGd. DPR/MPR RI bertema Stop Reklamasi Teluk Jakarta.

Hadir sebagai Keynote Speech dalam acara seminar ini yaitu Prof Dr M. Amien Rais , Ketua MPR periode 1999-2004.  Amien Rais mengatakan antara lain Penamaan abad Cina ini memang didukung dengan kondisi yang realistis. Dari segi kekuatan militer, Cina sudah overtake Unisoviet dalam beberapa hal. Berikutnya lagi adalah, sekarang ini karena kekuatan ekonomi dan militer, maka bisa dimaklumi cina menginginkan menguasai dunia. Cina sudah mendesain bagaimana menjadi pemegang global supremacy.

Amin Rais menambahkan bahwa saat ini Cina sudah kepanasan, jumlah penduduknya sudah mencapai 1,5 milyar , sehingga pasti akan mencari tempat tinggal lain, dan Indonesia menjadi salah satu tempat yang dipilih untuk menjadi tempat tinggal.

“Saya mencium bahwa reklamasi ini, jelas harus moratorium dulu, mari adu fakta dan data. Janganlah kita menjual-jual Indonesia.” Imbuhnya

Salah seorang pembicara dari tokoh nelayan, Diding Setiawan tampak begitu antusias menyampaikan pemaparannya “Pembangunan tanggul “giant sea wall “nanti akan membatasi gerak para nelayan. Jadi sekarang kalau mau berpikir jernih, siapa yang makar ? Kalau orang yang menjual negaranya sendiri kepada orang asing, itu namanya makar.”