Anies: Persatuan dalam Kebhinekaan Harus Diperjuangkan

Ngelmu.id – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan menegaskan kebhinekaan di Jakarta merupakan fakta. Hal itu dikatakan Anies dalam pidato kebangsaan di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (3/4).

“Kebhinekaan itu fakta, jangan diperjuangkan. Kemerdekaan fakta, jangan diperjuangkan. Persatuan dalam kebhinekaan yang harus diperjuangkan,” kata Anies.

Menurut Anies selama ini terdapat kekeliruan konseptual mengenai kebhinekaan. “Kebhinekaan jangan dihomogenkan. Kita harus jaga fakta itu,” ujarnya.

Terkait persatuan, Anies menekankan pada sila ketiga Pancasila yang berbunyi, “Persatuan Indonesia.” Persatuan harus dijaga karena Indonesia terdiri dari bermacam suku, agama dan ras.

Anies menambahkan akan menghadirkan ruang publik sebagai sarana mempersatukan seluruh warga Jakarta yaitu dengan transportasi umum publik yang terintegrasi. Saat ini warga Jakarta cenderung menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi massal belum terintegrasi.

“Dengan transportasi publik terintegrasi warga bisa berinteraksi dan menjadi sarana interaksi,” ucap Anies.

Anies menuturkan upaya menjaga persatuan juga dilakukan dengan mengunjungi kelompok yang terisolasi selama ini. Anies menyatakan Jakarta ke depan butuh fasilitator.

“Kami berdua (Anies-Sandi) memiliki keyakinan bila menjadi gubernur dan wakil gubernur bisa mengkomunikasikan,” tutur Anies.