Anies: Warteg adalah Contoh Usaha Mikro yang Pas dengan OK OCE

Ngelmu.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasakan sendiri betapa pengusaha warung Tegal (warteg)  menggantungkan hidupnya di Jakarta. Apalagi sebagian besar warga Tegal yang merantau ke Jakarta mendirikan warteg. Bahkan banyak diantaranya sampai tinggal berpuluh tahun dan memiliki KTP di ibu kota.

Maka dari itu sudah menjadi kewajiban Anies nanti apabila menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk lebih mengembangkan para wirausahawan warteg. “Warteg itu contoh wirausaha mikro yang sangat pas dengan program kewirausahaan kami OK OCE,” kata Anies usai sarapan di Warung Ma’Nyak di Kelurahan Cabawan, Margadana, Tegal, Jateng, Rabu (29/3).

Anies berharap, dengan mensinergikan program One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK OCE) dengan warteg, maka wirausaha mikro di bidang kuliner itu akan lebih berkembang.

“Mereka (para pengusaha warteg) memiliki skill tinggal memberikan pelatihan dan kepastian usaha. Saya sakin mereka akan lebih berkembang,” terangnya.

Lebih lanjut, OK OCE nantinya bukan hanya untuk pengusaha warteg saja. Melainkan seluruh usaha mikro warga. Menurut Anies, hal itu merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada para pengusaha kecil. Sebab banyak pengusaha di bidang kuliner kerap kali menjadi korban penertiban, karena kurangnya lahan untuk berjualan.

“Para pengusaha kecil itu ingin kepastian usaha dan lokasi, maka dari itu kami akan berikan solusi agar mereka dapat berjualan dengan aman dan nyaman,” ucapnya.