Berhenti Merokok Sekarang Juga! Ini Akibat Merokok Yang Sangat Merugikan



Bahaya merokok. Anda pasti sudah tidak asing dengan banyaknya peringatan ‘dilarang merokok’ di berbagai tempat umum. Bahkan, larangan merokok juga terdapat di setiap bungkus rokok beserta dengan gambar-gambar menjijikan akibat dari merokok.

Artinya, sudah sangat jelas apa akibat dari memiliki kebiasaan merokok. Yang pasti dampaknya sangat buruk bagi kesehatan dan juga kehidupan anda sekalipun. Masalah utama yang sering dialami para perokok adalah terkena penyakit jantung. Sekitar 20% lebih kematian akibat penyakit jantung berhubungan langsung dengan kebiasaan merokok.

Jadi, tidak pernah telat untuk anda segera menghilangkan kebiasaan buruk ini. Kira-kira apa saja sih kandungan yang ada di dalam rokok sehingga sangat buruk bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.

Kandungan Zat Berbahaya Dalam Rokok

Silahkan anda lihat kandungan berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Ratusan di antaranya adalah  zat beracun, dan sekitar 70 bahan bisa menyebabkan kanker. Bahan-bahan berbahaya yang ada dalam sebatang rokok di antaranya :

Karbon monoksida 
Zat yang umum ditemukan pada asap knalpot mobil ini dapat menempelkan dirinya sehingga terikat pada zat hemoglobin dalam darah secara permanen, sehingga menghambat penyediaan oksigen ke tubuh. Situasi semacam ini akan membuat anda cepat merasa lelah.

Tar
Saat sedang merokok, kandungan senyawa tar pada rokok akan ikut terisap. Lalu tar akan mulai mengendap di paru-paru dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru. Padahal rambut halus tersebut berperan dalam membersihkan kuman atau apa pun yang keluar dari paru-paru.

Gas oksidan
Sesuai dengan namanya, gas ini mampu bereaksi dengan oksigen. Keberadaan gas tersebut di dalam tubuh akan mengakibatkan penggumpalan darah sehingga lebih meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.

Benzene
Zat yang seringkali ditambahkan pada bahan bakar minyak ini sangat berpotensi merusak sel di tingkat genetik. Zat benzene kerap dikaitkan dengan penyebab kanker seperti kanker ginjal dan bahkan juga leukimia.

Tidak hanya bahan-bahan di atas, masih banyak bahan berbahaya lain pada sebatang rokok. Misalnya arsenic (dipakai untuk pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (dipakai untuk membuat senjata kimia), dan yang terakhir yaitu cadmium (digunakan untuk membuat baterai).

Ketika anda sering merokok, anda akan lebih mungkin terserang serangan jantung. Perokok aktif beresiko dua sampai empat kali lipat lebih tinggi menderita serangan jantung. Resiko serangan jantung akan semakin lebih tinggi terjadi pada seorang wanita perokok yang juga sedang mengkonsumsi pil KB.

Saat merokok, anda akan ikut memasukan senyawa-senyawa berbahaya yang memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, terlebih jantung. Misalnya saja seperti nikotin yang berpotensi mengurangi persediaan oksigen ke dalam darah.

Selanjutnya, zat yang bersifat candu ini akan mengakibatkan detak jantung meningkat, tekanan darah meningkat, merusak pembuluh darah, mempercepat pembekuan darah, dan juga dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Bagitu juga dengan akibat-akibat buruk bagi kesehatan lainnya.

Bahaya Akibat Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Setelah anda mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam rokok, bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, namun berikut ini adalah beberapa bahaya yang diakibatkan karena merokok yang anda harus ketahui, terutama untuk anda yang merupakan perokok aktif. Apa sajakah bahaya rokok bagi kesehatan anda?

1. Otak 

Beberapa riset menunjukkan, merokok bisa meningkatkan kemungkinan terkena stroke sebesar 50 persen. Keadaan ini bisa mengakibatkan rusaknya otak dan bahkan kematian. Tidak hanya itu, merokok dapat juga meningkatkan resiko aneurisma otak. Aneurisma sendiri yaitu pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah.

Lebih parahnya lagi, pembuluh darah ini setiap saat bisa pecah serta menyebabkan pendarahan otak. Oleh karena itu, lebih baik berhati-hatilah!

2. Mulut dan tenggorokan 

Tentunya semua sudah tahu akibat merokok pada bagian mulut. Ya, benar sekali, rokok bisa menyebabkan gigi menguning dan bau mulut yang tidak enak. Tetapi bukan sekedar itu saja, nyatanya merokok juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan rusaknya indera perasa.

Permasalahan yang bisa muncul lebih serius lagi pada mulut dan tenggorokan yaitu timbulnya kanker lidah, kanker tenggorokan, bibir, dan kanker pita suara. Umumnya keadaan semacam ini sudah diperlihatkan pada gambar bungkus rokok, coba deh anda perhatikan.

3. Paru-paru 

Salah satu dampak paling beresiko akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia yang ada pada rokok sangat berpotensi untuk mengakibatkan kerusakan pada sel-sel pada paru yang nantinya dapat membentuk sel kanker.

Tidak hanya sampai disitu saja, selain dari kanker paru anda juga bisa semakin beresiko mengalami bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

4. Lambung 

Dampak negatif dari merokok juga terasa sampai ke bagian lambung. Merokok pada intinya bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan anda. Hal itu memungkinkan asam lambung bergerak ke arah yang salah, yakni ke kerongkongan.

Keadaan tersebut dinamakan dengan penyakit asam lambung. Jika dibiarkan terus-terusan dalam jangka panjang, anda akan berisiko mengalami ulkus atau tukak, serta bahkan kanker lambung yang mematikan.

5. Tulang 

Bahaya merokok selanjutnya yaitu pada bagian tulang. Toksin pada rokok dapat mengakibatkan kerusakan tulang melalui cara menghentikan kerja sel-sel kontruksi. Karena itu, seorang perokok aktif akan semakin lebih beresiko terserang tulang rapuh atau osteoporosis.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, toksin pada rokok juga berpotensi menghilangkan keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang agar tetap kuat, seperti hormon estrogen misalnya.

6. Kulit 

Apakah anda ingin terlihat mempesona dan awet muda? Berhentilah merokok sekarang juga. Perokok aktif akan terlihat lebih tua daripada mereka yang tidak merokok. Hal semacam ini bisa terjadi karena asap rokok menghambat asupan oksigen ke dalam kulit.

Tidak hanya itu, merokok dapat juga menyebabkan timbulnya tanda penuaan dini seperti kerutan sekitar mata, timbulnya flek hitam, dan bahkan beberapa riset menunjukkan asap rokok dapat menyebabkan kemunculan selulit.

7. Organ reproduksi 

Merokok dapat menggangu sistem reproduksi dan kesuburan anda. Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi, mengurangi reproduksi sperma, dan bahkan juga menyebabkan kanker testis.
 
Sedangkan pada wanita merokok bisa mengakibatkan berkurangnya kesuburan dengan kata lain mandul. Tidak hanya itu resiko terkena kanker serviks juga semakin lebih tinggi, sebab rokok bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus (HPV).

8. Meningkatkan stres 

Tidak hanya menyebabkan penyakit fisik, perokok akan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak merokok. Sampai kini barangkali anda berpikir merokok bisa membuat pikiran menjadi rileks. Anda berasumsi kandungan nikotin dapat menentramkan pikiran, padahal itu salah.

Yang membuat perokok cemas dan gelisah merupakan gejala putus obat dari nikotin. Dengan merokok, kecanduan merokok pada nikotin akan tercukupi dan perokok akan merasa rokok bisa menurunkan stres yang dia alami sebelumnya.

9. Hidup jadi kurang bahagia 

Memang tak semua perokok akan meniggal karena penyakit jantung, stroke, maupun paru-paru, tetapi kebiasaan merokok dapat sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidupmu dalam sehari-hari.

Dampak rokok yang dapat anda rasakan sehari-hari diantaranya seperti sesak napas, batuk-batuk, lebih mudah lelah, lebih rawan terkena infeksi, dan mengalami masalah sulit tidur yang umumnya ditandai dengan sulit bernapas saat malam hari lalu lelah yang berlebih pada pagi harinya.

10. Mengakibatkan kerusakan mata 

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh ‘Archives of Ophthalmology’, orang yang merokok akan berisiko empat kali lipat dalam mengalami degenerasi makula. Hal semacam ini bukan sekedar mengakibatkan rusaknya retina saja, namun dampak yang lebih parah dapat menyebabkan munculnya katarak dan bahkan juga kebutaan permanen.

11. Meningkatkan resiko diabetes 

Dikutip dari Cleveland Clinic, merokok bisa menyebabkan seseorang 30-40 % lebih berisiko terserang diabetes melitus tipe 2 daripada yang non perokok.

Kandungan bahan kimia dalam rokok menyebabkan tubuh tak mampu memecah gula menjadi energi, sehingga meningkatkan resiko penyakit kencing manis (diabetes melitus).
 
Mungkin sebagian dari kita sudah sering mendengar mengenai bahaya merokok untuk kesehatan tubuh, tetapi tetap saja tak menghentikan kebiasaan buruk tersebut karena merasa kesehatan tubuh sekarang masih baik-baik saja.

Perlu diingat, merokok sama saja menabung toksin dalam tubuh sendiri yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk bila dilakukan secara terus menerus. Dengan demikian, resiko menderita penyakit berbahaya juga semakin lebih tinggi saat memasuki masa tua.

Tidak hanya anda sendiri, beberapa orang yang ada disekelilingmu juga akan merasakan dampak negatifnya.

12. Meningkatkan Kemungkinan Penyakit Stroke 

Menurut riset, kemungkinan penyakit stroke dapat bertambah dua kali sampai empat kali lebih tinggi pada seorang perokok dibanding pada mereka yang tidak merokok. Penyakit stroke ini adalah salah satu penyebab paling tinggi banyak kematian di dunia.
 
Stroke terjadi jika aliran darah di otak mengalami pembekuan yang dikarenakan zat-zat yang menjadi kandungan rokok. Bila terus berlanjut, darah yang membeku ini selanjutnya dapat mengakibatkan seseorang mengalami stroke. Karena aliran darah yang membeku ini akan menghambat aliran darah di otak.

13. Mengganggu Aliran Darah 

Nikotin dan zat-zat yang lain yang mempunyai sifat membahayakan untuk tubuh bisa jadi penyebab kerusakan pada pembuluh darah. Bila zat-zat dari rokok itu masuk ke dalam tubuh, kerusakan pada pembuluh darah akan menyebabkan pembuluh darah menebal dan menjadi lebih sempit hingga bisa menyumbat aliran darah.

Penyumbatan aliran darah inilah yang nanti dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain yang terkait dengan organ kardiovaskular. Bahkan, aliran darah menuju organ-organ tubuh yang mempunyai fungsi primer dalam tubuh dapat juga terhalangi.
 
Tidak hanya penyumbatan aliran darah, darah dapat juga membeku. Apabila terjadi hal seperti ini, dampak fatal yang bisa terjadi adalah kematian.
14. Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Rokok juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang tersumbat akan membengkak dan menyempit sehingga akan mendorong organ jantung memompa darah lebih cepat serta lebih keras lagi. Terlebih jika makanan yang bisa menyebabkan darah tinggi juga masih anda konsumsi. Inilah yang akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi dan detak jantung lebih cepat dari yang seharusnya.

15. Sakit Jantung 

Beberapa riset di Amerika menemukan kalau kemungkinan penyakit jantung pada seorang perokok meningkat sampai empat kali lebih tinggi dibanding bila anda bukan seorang perokok. Harus diketahui, tidak hanya stroke, penyakit jantung juga adalah salah satu penyakit nomor satu yang menyebabkan kematian paling banyak di dunia. Menyeramkan bukan?
 
Serangan jantung bisa terjadi saat darah yang membeku menghambat aliran darah menuju jantung. Kondisi tersebut akan membuat jantung mengalami kekurangan oksigen. Jantung yang tidak mendapat asupan oksigen yang cukup akan mengakibatkan kerusakan otot-otot jantung dan selanjutnya sebagaian otot jantung akan mengalami kerusakan permanen serta kerja jantung akan terganggu. Pada saat inilah, serangan jantung terjadi. Anda sudah mengkonsumsi makanan renda kolesterol jahatpun, hal ini tidak akan berdampak bila anda masih tetap merokok.

16. Penyakit COPD 

Pernah dengar istilah COPD? COPD merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang sistem pernapasan. COPD mempunyai kepanjangan Chronic Obstructive Pulmonary Disease. Beberapa studi menunjukan kalau yang menjadi penyebab COPD yaitu aktifitas merokok. Merokok menjadi faktor yang paling utama dari seseorang penderita penyakit ini. penyakit COPD ini ada dua jenisnya, yaitu :
 

  • Bronchitis kronis, akan mengakibatkan seseorang yang menderitanya mengalami batuk-batuk yang secara terus menerus bahkan juga sampai jangka waktu tahunan. 
  • Efisema, mengakibatkan paru-paru mengalami kerusakan sampai bertahun-tahun. 

17. Penyakit Asma 

Bila anda menderita penyakit asma, jangan pernah sekalipun mencoba untuk merokok. Merokok yang berarti anda menghirup zat-zat berbahaya dapat mendorong penyakit asma anda kambuh terus menerus. Tembakau sebagai bahan paling utama rokok akan membuat penyakit asma lebih parah.

18. Sulit Mempunyai Keturunan

Aktifitas merokok pada wanita bisa meningkatkan kemungkinan keguguran pada wanita. Apabila wanita itu sedang hamil, merokok bisa menganggu kesehatan si bayi sebelum dan setelah si bayi dilahirkan. Efek kesehatan lainnya yang bisa dialami seorang wanita perokok diantaranya :

  • Bayi lahir prematur 
  • Kematian bayi selagi di dalam kandungan 
  • Bayi dengan berat badan minim 
  • Kematian mendadak pada bayi baru lahir 
  • Kehamilan terjadi di luar kandungan atau kehamilan ektopik 
  • Terjadinya celah orafisial pada bayi baru lahir 

19. Pengeluaran Berlebih 

Hmmm.. seorang perokok baik secara sadar maupun tidak akan merasakan adanya pengeluaran yang lebih boros dibanding pada mereka yang bukan seorang perokok. Silahkan anda ingat sendiri berapa banyak uang yang anda keluarkan untuk membeli sebungkus rokok setiap harinya. Lalu dapat anda kalikan dengan jumlah hari dalam satu bulan kemudian dikalikan lagi dengan berapa jumlah bulan di dalam satu tahun. Nah, udah ketemu jawabannya?

20. Perokok Menjijikan

 

Sudah tahukah anda bila rokok adalah salah satu barang yang sangat menjijikan? Iya, riset terbaru menunjukkan kalau rokok, permukaannya dipenuhi banyak bakteri serta kuman. Jadi, bila anda merokok, secara otomatis bakteri dan kuman itu turut terhirup masuk ke dalam tubuh kita. Mengerikan bukan?

21. Mengganggu Keharmonisan Rumah Tangga

Nyatanya, merokok yang menimbulkan banyak sekali bahaya pada kesehatan bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga anda juga. Mengapa demikian? Jelas sekali bahaya yang digambarkan dalam beberapa bahaya kesehatan dari merokok yang sudah dijelaskan di atas. Bila seorang pria mengalami impotensi, masalah yang tidak jauh berbeda akan dihadapi juga oleh seorang wanita perokok.
 
Kesuburan sistem reproduksi berkurang dan setelah itucobalah tebak apa yang akan terjadi? Hubungan suami istri akan terganggu dan hal ini bisa menjadi penyebab kehancuran rumah tangga.

22. Menurunkan Kualitas Tidur

Sebuah riset di Johns Hopkins menemukan seorang perokok selalu merasa kurang dalam tidurnya. Si perokok merasa dirinya tidak bisa tidur nyenyak. Dalam riset tersebut dinyatakan kalau penyebab dari menurunnya kualitas tidur ini adalah karena sifat dari zat nicotine yang terdapat di dalam rokok. Menurunnya kualitas tidur akan berdampak juga pada kualitas hidup anda.

23. Mendapat Label Sosial Yang Negatif 

Di kehidupan sosial, beberapa perilaku yang dilakukan seseorang umumnya juga dianggap masyarakat dengan hal-hal yang berkaitan. Dan, merokok biasanya dihubungkan dengan hal-hal yang cenderung lebih ke arah negatif. Anda ingin dicap negatif?

24. Tampilan Kuku Menguning

 

Pada orang-orang yang merokok, anda dapat melihat kuku-kuku mereka mempunyai warna yang kuning. Ini menandakan kandungan rokok sudah berefek pada bagian tangan. Dan lebih jauh lagi, hal semacam ini akan merusak penampilan anda. Dengan berhenti merokok bisa membuat warna kuku lebih menarik dan cantik.

Itulah hal-hal yang bisa terjadi pada diri seorang perokok aktif. Merokok sama sekali tidak menguntungkan baik bagi diri anda sendiri ataupun untuk orang-orang di sekitar anda. Berhentilah merokok mulai sekarang juga agar hidup anda berubah menjadi lebih sehat dan jauh dari segala macam penyakit serta masalah hidup.