Cara Memutihkan Gigi Yang Harus Anda Ketahui


Cara memutihkan gigi. Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih bersih? Baik pria maupun wanita akan menurun rasa percaya dirinya bila memperlihatkan gigi yang menguning saat tersenyum. Gigi kuning menandakan bahwa gigi anda tidak sehat. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab gigi anda berubah mwnjadi warna kuning.
Bagi anda yang bermasalah dengan gigi berwarna kuning, jangan khawatir. Ada banyak cara untuk memutihkan gigi yang menguning. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan tradisional yang sudah terbukti sejak dulu ampuh untuk memutihkan gigi. Selain itu, anda juga bisa pergi ke dokter atau klinik khusus gigi untuk bleaching atau memutihkan gigi dengan obat (berasal dari bahan kimia) untuk kemudian diproses dan mampu memutihkan gigi anda lebih cepat.
Namun, sebelum anda mengetahui lebih lanjut mengenai cara memutihkan gigi yang benar, anda juga harus mengetahui apa saja faktor yang dapat menyebabkan gigi anda menguning. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengantisipasi gigi anda tidak menguning kembali.

Penyebab Gigi Menguning

Sejak lahir setiap manusia mempunyai gigi yang putih bersih. Namun, sejalan dengan waktu dan pertambahan usia serta beberapa faktor lainnya, gigi anda akan mengalami perubahan warna, biasanya terlihat menguning.
Secara biologis, warna putih pada gigi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi, lapisan dentin dan lapisan yang berada diantara enamel dan dentin. Penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan warna pada gigi bisa terjadi dikarenakan noda, baik yang berasal dari luar atau dari dalam.
Lalu, apa saja faktor-faktor penyebab gigi menjadi berwarna kuning? Ada faktor dari dalam (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik). Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

Faktor Intrinsik

Penyebab gigi berubah menjadi menguning yang disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam lebih sulit dihilangkan daripada yang disebabkan oleh faktor luar. Contoh faktor dari dalam yang membuat gigi menguning adalah penggunaan beberapa jenis obat-obatan tertentu.
Hal lainnya adalah material atau senyawa yang seiring berjalannya waktu terbentuk diantara lapisan dentin dan lapisan enamel pada gigi. Semakin lama senyawa ini akan terakumulasi dan menyebabkan warna yang menguning di gigi. 

Faktor Ekstrinsik

Faktor ekstrinsik atau faktor dari luar yang menyebabkan gigi menguning adalah pengaruh dari makanan, alkohol, dan rokok. Seperti halnya makanan, apabila terlalu panas atau terlalu dingin juga dapat merusak warna alami gigi, sama halnya dengan cokelat, kopi, teh dan lainnya.
Rokok juga bisa merusak warna putih pada gigi, Kandungan tembakau yang terdapat di dalam rokok lama kelamaan akan membuat gigi berubah warna menjadi menguning. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengunjungi dokter atau klinik gigi dan melakukan bleaching atau anda juga bisa menghindari perubahan warna pada gigi yang diakibatkan oleh makanan dengan rajin menggosok gigi 30 menit setelah makan.

Cara Memutihkan Gigi

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab gigi anda menguning, berikut dibawah ini penjelasan mengenai bagaimana cara memutihkan gigi anda kembali. Mulai dari bahan-bahan tradisional alami sampai bahan kimia yang aman bagi gigi anda.

1. Gunakan Siwak 

Miswak atau siwak, telah diketahui sejak dahulu sebagai bahan pembersih gigi, gusi, dan mulut. Bahkan juga sejarah mencatat bahan alami ini sudah dipakai sejak zaman Mesir Kuno. Seluruh dahan dan akar pohon siwak sebenarnya bisa anda manfaatkan, namun pastikan dulu bahannya lembut dan bersih supaya tidak menyebabkan iritasi. 
Langkah memutihkan gigi kuning dengan siwak : 
  • Pertama, sediakan siwak yang lembut, bisa dahan atau akarnya. 
  • Tumbuk siwak hingga halus, lalu gosokan secara perlahan ke gigi. 
  • Lakukan penggosokan selama kurang lebih 10-15 detik. 
  • Kemudian berkumurlah dengan memakai air hangat. 

2. Gunakan arang kayu

Memutihkan gigi dengan memanfaatkan arang memang terdengar aneh. Namun demikian, jangan remehkan bahan alami yang berwarna hitam ini. Arang kayu memiliki kandungan yang mampu menyingkirkan warna kuning pada gigi.
Tetapi, apabila anda ingin menggunakan arang kayu, usahakan hanya digunakan selama1 sampai 2 kali saja. Hal ini karena arang kayu memiliki sifat yang bisa mengikis email gigi, sehingga penggunaan yang berlebih akan menyebabkan rasa ngilu dan sakit pada gigi.
Cara alami memutihkan gigi dengan arang : 
  • Sediakan arang kayu secukupnya saja. 
  • Haluskan arang itu hingga menjadi bubuk. 
  • Gunakan bubuk tersebut untuk menggosok gigi secara perlahan. 
  • Lalu berkumurlah dengan air hangat dan lihat hasilnya.
Catatan : perlu diingat walau dapat memutihkan gigi dengan cepat namun jangan berlebihan dalam pemakaiannya.

3. Kulit jeruk

Siapa sangka kulit jeruk mempunyai manfaat untuk merawat gigi? Jadi, bagi anda yang bermasalah dengan warna gigi anda dan ingin memutihkannya, jangan membuang kulit jeruk yang anda konsumsi.
Gunakan kulit jeruk yang masih segar untuk memutihkan gigi secara alami. Bahkan selain memutihkan gigi, dengan pemakaian yang teratur gusi anda bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari bakteri.
Cara memutihkan gigi secara alami dengan kulit jeruk : 
  • Siapkan kulit jeruk yang masihlah fresh seperlunya. 
  • Kerok di bagian putihnya hingga habis. 
  • Letakan di sikat gigi, lantas pakai untuk menggosok-gosok gigi hingga bersih. 
  • Berkumurlah dengan memakai air hangat hingga bersih. 

4. Buah Strawberry 

Buah strawberry tidak hanya enak untuk dikonsumsi secara langsung, namun dapat juga dimanfaatkan untuk memutihkan gigi anda. Selain strawberry, anda dapat juga memanfaatkan apel, wortel dan seledri.
Bagaimana caranya? Ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara langsung rutin satu hari sekali. Untuk hasil yang lebih optimal, saat memakannya kunyah-kunyah lama dan ratakan keseluruh bagian gigi anda.

5. Buat pasta gigi alami 

Menggosok gigi dengan pasta gigi saja tidak cukup. Anda juga perlu membuat pasta gigi alami untuk memutihkan gigi secara alami. Pasta ini terbuat dari daun salam dan kulit jeruk yang sudah terbukti sejak zaman dahulu, jadi anda tidak perlu ragu dengan khasiatnya.
Cara memutihkan gigi dengan pasta alami : 
  • Sediakan daun salam dan kulit jeruk secukupnya saja. 
  • Jemur kedua bahan tersebut sampai menjadi kering. 
  • Tumbuk sampai halus, lalu berikan sedikit air. 
  • Jika sudah membentuk menjadi pasta, anda dapat menggunakannya untuk menggosok gigi. 
  • Berkumurlah dengan menggunakan air hangat hingga bersih. 

6. Lemon dan garam

Sama halnya dengan arang kayu, garam juga dapat mengikis lapisan gigi. Dengan begitu, untuk memutihkan gigi yang menguning secara alami sangat efesien menggunakan garam. Namun, jangan menggunakannya secara berlebihan karena justru dapat merusak gigi.
Cara memutihkan gigi dengan lemon dan garam : 
  • Campur perasan lemon dan garam hingga membentuk adonan menyerupai pasta. 
  • Kemudian gunakan untuk menggosok gigi seperti biasa.
  • Setelahnya, berkumurlah dengan memakai air hangat hingga bersih.

7. Gunakan baking soda 

Bagi anda yang gemar membuat roti atau kue pasti sudah tidak asing dengan bahan ini, yaitu baking soda. Ternyata baking soda dapat anda manfaatkan untuk membersihkan noda pada gigi. Baking soda memiliki karakter abrasif yang cukup tinggi sehingga mampu mengangkat kotoran kecil yang menempel pada gigi.
Cara alami memutihkan gigi dengan baking soda : 
  • Campur baking soda bersama dengan air hangat hingga membentuk pasta. 
  • Berikan secara merata keseluruh area gigi, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. 
  • Kemudian gosok gigi anda dengan menggunakan pasta gigi seperti biasanya. 
Catatan : Penggunaan baking soda yang berlebihan dapat merusak gigi. Jadi, perlu anda ingat untuk hentikan pemakaian saat gigi sudah berwarna putih.

8. Biji buah pinang 

Buah pinang memiliki banyak manfaat yang lengkap untuk kesehatan, salah satunya termasuk mampu merawat kesehatan gigi dan mulut. Bagian buah pinang yang dapat membantu memutihkan gigi kuning secara alami adalah bijinya. Bahkan, dengan digunakan secara teratur, biji buah pinang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat gigi anda.
Cara memutihkan gigi dengan biji buah pinang : 
  • Pertama bakar biji buah pinang hingga hangus. 
  • Selanjutnya haluskan sampai lembut dan campur dengan air hangat. 
  • Gosokan ke seluruh bagian gigi dengan kain katun. 
  • Lalu berkumurlah dengan air hangat hingga bersih. 

9. Berhenti merokok saat ini juga 

Hal yang perlu anda ketahui adalah kandungan tar dan campuran tembakau di dalam rokok dapat membuat gigi anda jadi menguning. Apabila anda sangat menginginkan gigi yang putih dengan cepat, sebaiknya hentikan konsumsi rokok saat ini juga. Dampak yang dapat dirasakan tidak hanya untuk gigi anda, tetapi juga dapat membuat anda hidup lebih sehat.

10. Mengkonsumsi produk susu 

Tahukah anda sesungguhnya produk susu berguna untuk memutihkan gigi? Ya, produk susu seperti yoghurt, keju, ice cream, dan sebagainya memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik untuk gigi. Tidak hanya mampu menjadi pemutih gigi saja, namun sumber kalsium itu juga dapat membuat gigi lebih kuat. 

11. Menyikat gigi secara rutin 

Walau menyikat gigi saja tidak cukup, namun upayakan anda melakukannya secara teratur minimal 2-3 kali sehari. Menyikat gigi paling baik membutuhkan waktu sekitar 3 menitan. Tidak hanya itu, pastikan dulu juga teknik menyikat gigi anda benar, pakai sikat gigi lembut supaya tidak mengakibatkan kerusakan gusi, serta upayakan agar jangan terlalu keras. 

12. Menggunakan Kulit Pisang 

Kulit pisang dapat juga dipakai untuk memutihkan gigi yang kuning, anda dapat mengupas pisang lalu mengambil kulitnya. Gunakan kulit pisang, kemudian gosok-gosokan selama dua hingga lima menit pada gigi. Lalu diamkan beberapa menit dan bersihkan gigi Anda dengan menggosok gigi. Anda dapat melakukan cara ini  selama satu sampai dua minggu untuk memperoleh hasil yang optimal. 

13. Menggunakan Sikat Gigi 30 Menit Sesudah makan 

Banyak orang yang memiliki kebiasaan dalam menyikat gigi langsung sesudah makan. Tetapi, sesungguhnya anda dapat menunggu sampai 30 menit setelah makan, terlebih bila anda mengkonsumsi makanan manis atau asam. Ini karena menggosok gigi segera setelah makan terlebih makanan yang manis atau asam justru dapat mengembalikan gula atau asa itu pada gigi. 

14. Memakai Daun Salam 

Daun salam dapat dipakai sebagai pemutih gigi. Cara pemakaiannya juga sangat mudah yaitu dengan melembutkan daun salam sampai halus. Lalu anda dapat mencampurkan kulit jeruk yang sudah kering serta sudah dihaluskan. Pakai sedikit air kemudian campur sampai menjadi pasta, baru setelahnya anda dapat memakainya sebagai pemutih gigi. 

15. Minyak kelapa 

Ternyata minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan gigi. Minyak kelapa dapat anda gunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi anda yang menguning menjadi lebih putih dan bersih.
Minyak kelapa adalah minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa dan mempunyai jenis lemak yang disebut cukup unik serta kaya akan manfaat, lantaran keseluruhan dari lemak itu terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).
Cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa :
  • Siapkan satu sendok makan minyak kelapa 
  • Oleskan minyak kelapa ke gigi anda secara rata serta diamkan sepanjang 10-15 menit 
  • Ludahkan minyak kelapa tadi serta kumur mulut anda dengan air bersih 
  • Terakhir sikat gigi anda seperti biasa 

16. Pakai hidrogen peroxida 

Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan kimia yang bisa dipakai untuk memutihkan gigi. Senyawa hidrogen peroksida umumnya dipakai sebagai produk pemutih pada makanan dan dalam konsentrasi tertentu dapat membantu memudarkan noda pada gigi. 
Anda bisa mendapatkan bahan ini dengan mudah karena hidrogen peroksida banyak dijual di apotik serta toko bahan kimia. Bila anda ingin memakai hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi sebaiknya tentukan produk hidrogen peroksida yang mempunyai label food grade atau aman untuk dikonsumsi. 
 
  1. Larutkan seujung sendok hidrogen peroksida pada satu gelas air 
  2. Gunakan larutan itu untuk berkumur 
  3. Selain dipakai untuk berkumur, hidrogen peroksida dapat juga dipakai untuk membuat pasta gigi alami dengan mencampurkannya dengan baking soda. 
Anda harus ingat untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan hidrogen peroksida saat berkumur atau menggosok gigi. Dengan pemakaian yang berlebihan justru dapat merusak gigi anda. Disarankan untuk menggunakan bahan ini sebulan sekali.

17. Kunyah Sayuran mentah 

Menguyah sayuran mentah seperi wortel dan tomat dapat membantu anda untuk memutihkan gigi. Wortel dan tomat memiliki kandungan vitamin serta zat yang dapat menyingkirkan noda pada gigi.   
Cukup hanya dengan mengunyahnya selama beberapa menit dalam satu hari sekali, anda akan memperoleh gigi yang putih walau efek yang ditimbulkan tidak secepat bahan pemutih alami yang lain.
Demikian cara-cara yang anda bisa lakukan untuk memutihkan kembali gigi anda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai keinginan, tentunya anda harus rutin melakukannya dan menghindari faktor-faktor penyebab gigi menguning. Selamat mencoba!