Anda Ingin Memiliki Kulit Putih? Ini Tipsnya



Cara memutihkan kulit. Memiliki kulit yang putih merupakan idaman para wanita. Warna kulit putih membuat penampilan anda terlihat bersih dan lebih sempurna. Namun, tidak jarang banyak wanita yang memiliki masalah dengan kulit yang hitam, kering dan kusam akibat paparan sinar matahari, apalagi dengan keadaan cuaca serta polusi di Indonesia.

Umumnya, para wanita akan melakukan cara murah dan cepat untuk memutihkan kulit dengan menggunakan produk-produk yang dijual online. Padahal banyak efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan produk-produk online tersebut, apalagi yang tidak jelas kandungan bahan-bahan kimia apa saja untuk pembuatannya.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memutihkan kulit dan tentunya aman untuk digunakan. Anda bisa mengunjungi dokter atau klinik kecantikan yang memang sudah berpengalaman di bidangnya atau anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami tradisional yang terbukti hasilnya, murah dan aman.

Namun, sebelum anda mengetahui bagaimana cara memutihkan kulit, sebaiknya ketahui jenis kulit anda agar bisa merawatnya secara tepat. Berikut penjelasannya :

Jenis kulit kering

Anda memiliki jenis kulit yang kering? Kulit yang kering disebabkan kelenjar pada kulit yang menghasilkan minyak pada kulit tidak memproduksi minyak yang cukup. Keuntungan dari jenis kulit yang kering adalah tidak mudah terkena jerawat. Tetapi, jenis kulit ini bisa membuat kulit atau wajah anda terlihat kusam. Untuk mengatasinya anda bisa rutin menggunakan pelembab kulit.

Jenis kulit berminyak

Berbeda dengan kulit kering, jenis kulit berminyak dikarenakan kelenjar yang terdapat pada kulit atau wajah memproduksi minyak yang berlebih. Sudah pasti bagi anda yang memiliki jenis kulit ini akan mudah terkena jerawat sehingga haruslah rajin dibersihkan terlebih kulit wajah. Namun, memiliki jenis kulit ini tidak akan membuat kulit anda kering  dan pecah.

Jenis kulit sensitif

Jenis kulit sensitif biasanya disebabkan oleh faktor genetik. Jenis kulit ini akan sensitif terhadap peawatan, produk-produk kulit, dan perubahan cuaca dalam lingkungan, maka dari itu kulit sensitif memerlukan perhatian yang khusus.

Yang sering terjadi pada kulit sensitif adalah kulit terlihat cepat kering dan mudah terkena iritasi. Karena sistem perlindungan pada jenis kulit ini kurang baik terlebih dengan udara yang kotor, seperti halnya polusi.

Hal-hal yang sering terjadi pada jenis kulit sensitif :

  • Sering terkena alergi pada kulit, seperti jerawat, gatal-gatal, dan juga flek
  • Umumnya ditandai dengan rasa terbakar, mengencang dan iritasi gatal pada kulit
  • Sangat terpengaruh dengan faktor cuaca di dalam lingkungan seperti panas, dingin, adanya polusi udara. Penggunaan bahan kimia pada perawatan kulit dan perlengkapan mandi seperti sabun juga bisa mempengaruhi jenis kulit ini
  • Terlihat sangat tipis menyebabkan pembuluh darah pada wajah bisa terlihat
  • Adanya noda seperti flek hitam pada kulit dan juga bekas luka yang sulit dihilangkan.
  • Kulit yang terlihat memerah setelah mandi lalu dikeringkan dengan handuk, dikarenakan jenis kulit sensitif sangat peka terhadap tekanan sekecil apapun

Apabila anda adalah salah satu pemilik jenis kulit ini sebaiknya periksakan ke dokter sesuai bidangnya dan konsultasikan permasalahan atau keluhan anda agar dapat ditangani secara tepat.

Tips Merawat Kulit

Jika anda ingin memiliki kulit yang putih tentunya anda juga harus merawat kulit anda secara rutin agar terlihat cerah dan sehat. Berikut tips-tips merawat kulit yang dapat anda lakukan sendiri :

1. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin untuk kulit

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan gizi agar kulit juga tubuh anda sehat. Beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi adalah sayuran hijau dan daging merah.

Untuk mendapatkan sayuran atau buah-buahan yang segar, selain bisa membelinya anda juga dapat menanam tanaman hidroponik di sekitar rumah. Dengan menanam sendiri sayuran atau buah-buahan, anda bisa mendapatkan jenis sayur atau buah yang berkualitas dan tentunya sangat baik bagi kesehatan kulit.

2. Pilih sabun yang lembut dan memiliki ph rendah

Jenis sabun yang lembut dan ber-ph rendah ini dapat melembutkan kulit anda. Apabila anda merasa kulit menjadi kering setelah mandi, bisa disebabkan karena anda menggunakan sabun yang keras dan membuat kulit menjadi kasar atau kering. Maka itu, anda harus lebih cermat saat memilih sabun untuk anda mandi.

3. Lebih baik menggunakan shower atau air mancur saat mandi

Dengan menggunakan shower atau pancuran saat mandi akan membantu membuang kotoran yang ada di tubuh karena air mengalir lebih baik daripada berendam di dalam air. Usahakan jangan menggunakan air yang panas. Air yang hangat  untuk mandi juga bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh anda.

4. Rutin mengkonsumsi atau minum air putih

Karena tubuh memerlukan cairan setiap harinya, rutinlah minum air putih minimal 8 gelas perhari. Selain untuk kesehatan tubuh, dengan minum air putih secara teratur juga bisa menjaga kesehatan kulit agar terlihat segar.

5. Jaga kulit dari terik matahari

Anda bisa menggunakan sunblock atau krim yang melindungi kulit dari sinar matahari. Ketika anda berpergian pada siang hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunblock atau krim pelindung agar kulit tidak terpapar secara langsung oleh sinar matahari. Penggunaan sunblock atau krim ini untuk mencegah terbakarnya pori-pori kulit yang bisa menyebabkan kulit menghitam.

6. Jaga kelembaban kulit

Gunakan lotion yang tepat dan cocok untuk menutrisi kulit supaya kulit tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan terlihat cerah dan segar, oleh karena itu anda dapat memilih sendiri salah satu lotion yang cocok.

7. Gunakan serum vitamin C khusus untuk kulit wajah

Serum berbeda dengan lotion pada umumnya. Untuk perawatan kulit wajah anda bisa menggunakan serum vitamin C. Kelebihan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan serum vitamin C pada wajah adalah mencegah kulit berminyak, kulit tidak terasa lengket juga mampu menutrisi kulit.

8. Melakukan perawatan tubuh dengan lulur

Perawatan yang bisa anda lakukan sendiri dirumah adalah luluran dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika anda rutin melakukan lulur bisa juga memutihkan kulit karena lulur dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati dan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit anda.

Cara Memutihkan Kulit

Berikut ini cara memutihkan kulit pada bagian-bagian tubuh anda yang bisa anda lakukan sendiri :

1. Cara memutihkan kulit wajah 

  • Gunakan Susu

Anda bisa menggunakan susu kental dan jangan susu bubuk. Kemudian cukup dengan mengoleskan beberapa tetes susu putih itu langsung pada wajah. Sesudah seluruh wajah terolesi susu, diamkan selama 15-20 menit lalu terakhir anda bersihkan wajah dengan air hangat. Aplikasikan cara tersebut saat malam hari ketika anda akan tidur.

  • Air teh, tepung beras, dan madu 

Bahan-bahannya yaitu 100 ml air teh, 2 sendok makan tepung beras, serta 1/2 sendok makan madu. Campur ketiga bahan alami tersebut, aduk sampai rata. Kemudian maskerkan pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit atau sampai mengering. Selanjutnya tinggal bersihkan wajah anda dengan sponge khusus untuk wajah. Coba anda terapkan langkah tersebut 1-2 kali dalam satu minggu.

  • Kulit Jeruk 

Tahukah anda kalau kandungan vitamin C pada kulit jeruk lebih banyak daripada daging buahnya sendiri. Vitamin C merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melakukan perbaikan kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radikal bebas.
 
Vitamin C pada jeruk juga sebagai agen bleaching alami yang bisa menyingkirkan kekusaman akibat terkena sinar matahari.
Keringkan kulit jeruk dibawah matahari selama beberapa hari hingga kulit jeruk mengering. Anda juga bisa melakukan :

  1. Haluskan kulit jeruk hingga jadi bubuk 
  2. Berikan air pada bubuk kulit jeruk lalu aduk sampai menjadi pasta 
  3. Berikan pasta tersebut pada wajah serta diamkan selama 15 menit
  4. Kemudian basuh dengan air hangat 
  5. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu 
  • Lidah Buaya 

Lidah buaya memiliki kandungan aloesin, suatu zat yang bisa menghambat pembentukan melanin yang mengakibatkan kulit jadi gelap. Itulah kenapa lidah buaya banyak ditemukan pada banyak produk kecantikan.

  1. Kupas kulit lidah buaya lalu pisahkan gelnya 
  2. Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah 
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit 
  4. Basuh dengan air hangat kemudian keringkan 
  5. Untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari selama sebulan 

2. Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki 

  • Dengan body lotion dan wortel 

Caranya dengan memarut dua buah wortel terlebih dahulu, kemudian tambahkan body lotion sebanyak 25 ml atau secukupnya. Setelah tercampur rata kemudian berikan pada kulit tangan dan kaki. Diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air. Anda bisa mengaplikasikan cara tersebut setelah mandi, aplikasikan juga secara teratur.

  • Minyak zaitun dan beras 

Sebelum anda mencampurkan kedua bahan alami itu, terlebih dulu haluskan beras dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Bila sudah halus baru campur dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian lulurkan campuran bahan alami itu pada kulit tangan serta kaki anda. Diamkan selama 30 menit baru basuh dengan air. Aplikasikan cara tersebutsetelah mandi dan usahakan untuk mengaplikasikannya secara teratur.

  • Bengkoang 

Berbicara mengenai cara memutihkan kulit, tentu saja bengkoang tidak akan pernah absen. Sesungguhnya bahan ini juga dapat anda pakai untuk memutihkan kulit wajah. Bengkoang memiliki kandungan vitamin B yang dapat membantu mencerahkan kulit tangan dan kaki dari dalam.
Cara alami memutihkan tangan dan kaki dengan bengkoang :

  1. Siapkan bengkoang secukupnya saja. 
  2. Kupas, cuci hingga bersih, lalu parut bengkoang tadi sampai halus. 
  3. Peras parutan itu hingga menghasilkan air berwarna putih. 
  4. Berikutnya diamkan air perasan tadi semalaman hingga membentuk endapan. 
  5. Saat pagi harinya, anda dapat menggunakannya sebagai masker selama 30-60 menit. 
  6. Akhiri dengan dicuci sampai bersih memakai air dingin. 

Note : lakukan secara teratur minimal 1 kali dalam satu hari.

  • Kunyit 

Bahan rempah satu ini memiliki kandungan curcumin yang amat baik untuk melindungi kesehatan kulit. Menariknya lagi, kunyit diperkaya dengan pigmen kuning yang dapat membantu memutihkan kulit kaki dan tangan.
Cara memutihkan kaki dan tangan dengan kunyit :

  1. Haluskan rempah kunyit secukupnya saja. 
  2. Oleskan secara rata keseluruh area tangan dan kaki. 
  3. Diamkan sebentar selama 10 detik, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih.

4. Cara Memutihkan Kulit Ketiak 

  • Yoghurt dan susu 

Mencampurkan dua sendok yoghurt dengan susu ternyata ampuh untuk memutihkan kulit ketiak. Anda dapat menerapkan campuran kedua bahan tersebut setiap sesudah mandi. Setelah dioleskan, biarkan selama 30 menit atau sampai mengering kemudian tinggal anda cuci sampai bersih.

  • Dengan lemon

Cukup mudah menggunakan lemon untuk memutihkan kulit ketiak anda. Gosokkan potongan lemon selama kurang lebih 10 menit setelah anda mandi. Kemudian, basuh dengan air hangat hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.
Sesudah

  • Cara memutihkan ketiak memakai baking soda 

Baking soda adalah salah satu bahan yang biasa dipakai untuk membuat kue. Anda dapat mudah menemukannya di toko-toko bahan kue. Baking soda dapat menyingkirkan noda yang membandel dimana saja, tidak terkecuali pada kulit ketiak. Caranya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air sampai campuran tersebut menjadi kental. Lalu oleskan larutan baking soda tersebut pada ketiak anda dan diamkan semalaman.Tidak hanya dapat untuk memutihkan ketiak, baking soda dapat juga dipakai untuk menyingkirkan bau tubuh. Untuk mendapat hasil yang optimal, campurkanlah baking soda dengan air serta bunga mawar.

  • Cara memutihkan ketiak memakai kentang 

Mungkin orang-orang kurang mengetahui manfaat kentang di dalam dunia kecantikan. Tetapi siapa kira kentang ini bisa digunakan sebagai pemutih ketiak. Caranya yaitu dengan menghaluskan kentang memakai parutan atau diblender tanpa air. Lalu kentang yang sudah halus tersebut dioles-oleskan ke kulit ketiak. Diamkan beberapa saat sampai air kentang meresap ke kulit.

Bila anda merasa kerepotan apabila harus menghaluskan kentang terlebih dahulu, anda juga bisa dengan menempelkan irisan kentang yang tipis ke kulit ketiak anda dan diamkan beberapa saat. Pemakaian kentang sebagai pemutih ketiak telah dilakukan oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Oleh karenanya anda tidak perlu cemas karena hal ini sudah terbukti turun temurun dan juga memakai bahan alami. Lakukan secara teratur bila menginginkan hasil yang optimal


5. Cara Memutihkan Kulit Selangkangan : 

  • Air tawas 

Anda bisa mendapatkan tawas di beberapa toko, seperti toko bahan kimia, apotik, atau supermarket. Tawas disini bukanberupa cairan tetapi berupa batu kristal. Cara memakainya yaitu dengan merendam tawas itu pada air hangat hingga larut. Kemudian barulah oleskan pada selangkangan anda, pakai handuk yang lembut waktu mengoleskannya.

  • Jeruk Nipis dan Kapur Sirih 

Campuran kedua bahan alami ini dapat memutihkan kulit selangkangan anda. Anda cukup mengoleskan campuran jeruk nipis dan kapur sirih pada selangkangan anda setiap anda sudah mandi.

  • Mentimun 

Mentimun dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan mineral alami serta vitamin di dalamnya. Kandungan inilah yang dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit serta bahkan mengencangkannya secara alami.
Cara memutihkan selangkang dengan timun secara alami :

  1. Haluskan mentimun secukupnya saja, lalu berikan sedikit madu. 
  2. Oleskan secara rata keseluruh area selangkangan selama 30 menit. 
  3. Tidak hanya itu, anda dapat pula menggosokan potongan mentimun ke bagian selangkang supaya lebih praktis. 
  • Pasta gigi 

Tahukah anda bahwa sebenarnya pasta gigi cukup efektif untuk merawat kulit? Pasta gigi tidak hanya bisa memutihkan selangkangan secara alami, namun juga cukup efektif untuk menyingkirkan komedo dengan cepat.
Cara memutihkan selangkangan dengan pasta gigi :

  1. Sediakan dulu pasta gigi secukupnya, upayakan pasta gigi yang herbal. 
  2. Pastikan dulu area selangkangan anda sudah dalam kondisi bersih. 
  3. Kemudian oleskan pasta gigi secara merata keseluruh area selangkangan.
  4. Agar bekerja secara maksimal, diamkan pasta gigi sampai menempel pada kulit selama kurang lebih 30 menit.
  5. Kemudian, setelah mengering cuci dengan memakai air hangat hingga bersih. 

6. Cara Memutihkan Kulit Siku dan Lutut : 

  • Scrub gula 

Cara menggunakannya yaitu dengan melarutkan gula lebih dahulu pada air. Kemudian anda cukup mengoleskannya pada sikut dan lutut yang hitam.

  • Jus Lemon 

Anda bisa mengoleskan jus lemon pada siku dan lutut anda dengan menggunakan kapas. Biarkan selama kurang lebih 15-30 menit dan lakukan 3 kali dalam satu hari.

  • Teratur Mengoleskan Minyak Kelapa 

Minyak kelapa murni sudah digunakan sejak berabad-abad silam dan sudah menjadi resep kecantikan dari dulu. Kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa diketahui ampuh untuk mencegah kulit dari infeksi bakteri serta jamur. Tidak hanya itu larutan minyak kelapa murni bisa melembapkan kulit yang kering dan sel-sel mati. Kandungan ini pastinya ampuh memutihkan area siku dan lutut. Cara penggunaannya, oleskan secara teratur minyak kelapa tersebut setiap anda sudah mandi terutama waktu mandi pagi.

  • Kunyit 

Cara selanjutnya adalah dengan memakai kunyit. Kunyit adalah salah satu bahan alami dan rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Nah, dalam hal ini kunyit dapat juga kita gunakan untuk mengatasi siku atau lutut hitam. Caranya yaitu anda haluskan kunyit lalu anda usapkan atau anda terapkan pada siku dan lutut anda. Anda dapat juga menambahkan air jeruk lemon, minyak zaitun, putih telur atau madu untuk hasil yang lebih maksimal.

Demikian cara memutihkan kulit pada bagian-bagian tubuh anda secara alami. Anda juga dapat mengunjungi dokter atau klinik kecantikan untuk mengatasi kulit yang menghitam. Jika anda menginginkan hasil yang maksimal tentunya anda harus disiplin dalam melakukan perawatannya. Selamat mencoba!