Tips Melangsingkan Tubuh Secara Alami Dan Aman



Cara menurunkan berat badan. Di zaman seperti sekarang ini, kecenderungan seseorang untuk mempunyai tubuh yang gemuk atau lemak berlebih itu sangat besar. Hal ini karena tidak lepas dari pola hidup tidak sehat yang dijalani dan perubahan zaman yang serba instan dan cepat.

Oleh karena itu tidak heran bila saat ini makanan cepat saji semakin popular dan digemari. Padahal, menurut riset para ahli makanan cepat saji ini merupakan salah satu faktor penyebab berat badan anda akan berlebihan. Tidak hanya itu, jajanan atau cemilan yang ada sekarang cenderung mendukung untuk menjadi gemuk. Tentunya berbeda sekali dengan jaman dulu yang mana cemilan hanya berupa ubi dan singkong.

Pada dasarnya, berat badan seseorang bergantung dari asupan kalori yang masuk serta seberapa banyak pengeluaran kalori melalui aktivitas tubuh. Berat badan yang ideal akan terwujud jika jumlah kalori masuk sama dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Sedangkan untuk menurunkan berat badan, anda harus mengkonsumsi kalori lebih sedikit, lalu melakukan aktivitas pembakaran kalori lebih banyak.

Berapakah Penurunan Berat Badan Yang Ideal Tiap Minggu? 

Mendapatkan hasil yang cepat saat menurunkan berat badan jelas menjadi impian banyak orang, namun hal semacam ini malah tidak baik dari sisi kesehatan. Tidak hanya itu, berkurangnya berat badan dengan cepat juga erat hubungannya dengan kestabilan berat badan dalam jangka panjang.

Penurunan berat badan ideal setiap minggu berkisar dari 0, 5 sampai 1 Kg per minggunya. Upayakan agar anda tak melebihi kisaran tersebut setiap minggu. Beberapa resiko penurunan berat badan yang sangat berlebihan diantaranya adalah kelelahan, kekurangan gizi, tidak enak badan, dan bahkan juga beresiko terserang batu empedu.

Oleh karenanya, menurunkan berat badan sebaiknya tak dilakukan dengan cepat dan drastis. Untuk mendapat hasil paling baik, awalilah dengan merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat serta perbanyak aktivitas fisik. Jangan lupa terapkan seluruh cara menurunkan berat badan secara alami yang akan dijelaskan di bawah ini secara teratur dan disiplin.

Cara Menurunkan Berat Badan

1. Minum air sebelum makan

Menurut riset, minum air sebelum makan sangat ampuh dalam menurunkan berat badan. Mengapa demikian? mengkonsumsi air sebelum makan nyatanya dapat memberi efek kenyang, yang selanjutnya akan membuat anda malas untuk melahap makanan dalam jumlah besar, atau malah anda tidak menyentuh makanan itu sama sekali.

Terkadang, saat lapar kita akan langsung mengambil sendok dan segera makan nasi berserta lauk-pauknya, atau bahkan juga mencari makanan yang tinggi kalori. Padahal, bisa saja yang anda rasakan itu haus bukannya lapar. Jadi, saat keadaan lapar menyerang, baiknya atasi dulu dengan minum air putih.

2. Jangan melupakan sarapan 

Banyak orang yang menganggap cara cepat melangsingkan tubuh adalah dengan mengurangi jatah makan harian seperti tidak sarapan. Padahal, hal itu malah akan membuat anda kelaparan dan banyak mengkonsumsi makanan ringan sepanjang hari, terlebih saat tubuh mulai merasa gemetar akibat lapar.

Oleh karenanya, pastikan anda tidak melewatkan sarapan pada pagi hari. Umpamanya mengkonsumsi telur rebus dan satu buah pisang, atau susu rendah lemak dan selembar roti, dan jangan lupa jus buah yang memiliki kandungan bermacam nutrisi seperti serat dan vitamin.

3. Makan dalam porsi kecil 

Anda dapat memakai piring atau mangkuk berukuran lebih kecil dari biasanya saat makan. Kebiasaan sepele semacam ini terbukti dapat membiasakan diri untuk makan dalam porsi kecil, yang berarti jumlah kalori yang masuk dalam tubuh jadi berkurang.

Walaupun makan dalam jumlah sedikit, sesungguhnya anda masih bisa merasa kenyang asalkan makan lebih lambat. Makan secara perlahan bisa merangsang otak bahwa kita sudah kenyang. Makan dalam porsi kecil (4-5) kali dalam satu hari akan lebih baik untuk menurunkan berat badan, daripada anda makan dalam porsi besar walau hanya 3 kali dalam satu hari.

4. Mengkonsumsi makanan yang tepat 

Makanan penurun berat badan paling baik buat anda yaitu makanan berprotein dan berserat tinggi. Protein bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, protein dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Makanlah makanan sumber protein seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, keju, kedelai, serta kacang-kacangan.

Makanan berserat dapat juga membuat tubuh anda merasa kenyang lebih lama, tetapi ia lebih rendah kalori. Makanan berserat tinggi yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah buah, sayur, biji-bijian, popcorn tanpa mentega, dan kacang. Jangan lupa untuk menambahkan cabai saat makan supaya memuaskan selera. Menurut riset, makanan yang memuaskan lidah bisa menghindari kita banyak makan.

5. Tak perlu membenci makanan 

Anda tidak perlu sampai membenci makanan yang sebenarnya anda sukai. Bila anda menjauhi makanan itu, justru anda akan lebih berhasrat untuk melahapnya. Jadi, kuncinya bukanlah menjauhi, tetapi anda harus tahu takaran normal mengkonsumsinya supaya tubuh tidak gemuk.

Sebagai contoh nih, anda suka mengemil kue-kue kering. Nah, anda dapat membelinya dalam jumlah satuan, bukannya setoples. Hal sederhana semacam ini bisa membuat anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih.

6. Tidur cukup 

Tubuh kita pada prinsipnya bisa memproduksi hormon yang dapat memacu kita untuk lebih nafsu makan (hormon ghrelin) ketika kurang tidur. Hal semacam ini dapat menyebabkan naiknya berat badan.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam memecah zat-zat makanan menjadi energi. Alhasil, zat-zat itupun menumpuk dalam jumlah besar dan diubah menjadi lemak.

7. Hindari makan malam 

Makan malam hanya akan membuat tubuh anda semakin membengkak. Saat malam hari tubuh anda tidak banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga bila anda mengkonsumsi makanan berkalori akan diubah menjadi lemak, bukannya energi.

Oleh karena itu, menurunkan berat badan akan berhasil jika anda menghindari makan malam. Apabila tidak bisa karena sebuah hal, anda dapat memajukan waktu makan malam dari biasanya. Upayakan jangan sampai makan melewati jam 6 sore.

8. Kurangi makanan manis 

Makanan manis memberikan energi yang lebih besar daripada kalori ataupun protein. Tetapi, meningkatkan glukosa dalam tubuh akibat makanan manis juga tak baik untuk kesehatan, terutama untuk berat badan anda.

Sebaiknya mulai saat ini anda kurangi makanan yang manis-manis. Sebut saja seperti teh manis, kue brownies, donut, minuman bersoda, dan sejenisnya.

9. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lada atau merica

Menurut riset, lada atau merica bisa membantu membakar lemak yang berlebih yang ada di dalam usus besar waktu kita tidur. Khasiat pembakaran ini dapat berlaku untuk cabai, karena mereka sama-sama memicu sensasi pedas dan panas. Oleh karenanya, untuk anda yang ingin menguruskan badan tidak ada salahnya mencampurkan lada dan bubuk cabe ke tiap makanan yang akan anda konsumsi.

10. Tepati waktu makan

Hal ini sering dianggap remeh oleh mereka yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Ada pula yang merasa bila telat makan itu lebih baik, bahkan juga ada yang berniat untuk menunda jam makannya.

Padahal hal semacam ini justru beresiko buruk untuk diet anda lantaran kebanyakan mereka yang telat makan akan merasa lebih lapar saat makan sehingga susah untuk menahan diri dan pada akhirnya makan dalam porsi lebih banyak dari yang seharusnya. Hal-hal yang dianggap sepele seperti ini seringkali menggagalkan program diet seseorang.

Makan teratur dan tak melewatkan waktu makan malah sangat penting dalam menurunkan berat badan. Mengingat, makan tidak teratur akan membuat anda merasa semakin lapar dan cenderung akan makan berlebihan. Beberapa makanan yang dianjurkan sebagai cara menurunkan berat badan diantaranya :

  • Bermacam buah dan sayur sebanyak 5 porsi atau idealnya 7-9 porsi dalam satu hari. Anda dapat membuatnya sebagai bahan cemilan di antara waktu makan. 
  • Utamakan karbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, kentang, dan pasta sebagai sepertiga dari porsi makan. Jenis paling baik adalah yang berasal dari biji utuh. 
  • Baiknya hindari makanan yang tinggi lemak, kalori, gula, dan tinggi garam. Ubahlah dengan makanan berprotein serta memiliki serat yang tinggi.

11. Mengkonsumsi Protein 

Protein adalah salah satu zat penunjang diet yang sangat disarankan. Usut punya usut nyatanya protein mempunyai fungsi yang mengagumkan yakni dapat membakar lemak dan cocok sebagai penunjang diet sehat anda.

12. Makan Makanan Kaya Serat 

Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan berserat juga merupakan termasuk salah satu kunci keberhasilan dalam cara menurunkan berat badan anda. Mengkonsumsi makanan berserat ini disarankan untuk dilakukan di siang hari atau malam hari.

Makan berserat tinggi ini dapat diperoleh dari buah dan sayur sayuran. Untuk buah mislanya pir, pisang, pepaya, dan jambu biji. Lalu, sayuran umpamanya brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, serta sayur-sayuran hijau.

13. Ubah Makanan Karbohidrat Sederhana Dengan Karbohidrat Kompleks 

Karbohidrat adalah sumber dari energi dan gula, tetapi jenis karbohidrat sederhana akan sulit diserap oleh tubuh sehingga cenderung untuk ditimbun dalam bentuk lemak. Makanan berkarbohidrat sederhana ini biasanya bersumber dari nasi, mie, pasta, dan sebagainya.

Untuk mereka yang menjalankan program penurunan badan wajib hukumnya mengganti makanan berkabohidrat sederhana dengan makanan berkabohidrat kompleks umpamanya beras merah, gandum, oat meal, sereal, dan jenis kacang-kacangan.

14. Perhatikan Makan Malam Anda

Pada malam hari tubuh cenderung lebih sedikit beraktifitas sehingga asupan karbohidrat tidak terlalu dibutuhkan. Maka dari itu supaya penurunan berat badan anda sukses sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Sebaiknya makan malam anda ganti dengan menu berupa sayur-sayuran yang direbus bukan yang ditumis dengan minyak.

Tambahkan buah-buahan sebagai asupan gizi untuk menu makan malam. Jangan lupa juga untuk menghindari konsumsi makanan yang diolah dengan di goreng supaya cara menurunkan berat badan ini memberi hasil yang maksimal.

15. Balas Dendam Setelah Olahraga 

Kesalahan fatal yang kerap menjadi faktor kegagalan diet tetapi tak disadari orang-orang adalah “balas dendam” setelah berolahraga dengan makan yang berlebihan. Setelah berolahraga umumnya tubuh memang akan merasa lebih lapar karena kalori di dalam tubuh telah dibakar.

Anggap saja anda sudah membakar kalori sebanyak 500 kalori setelah anda kelelahan berolaraga, kemudian tubuh akan merasa sangat kelaparan yang akhrinya setelah berolahraga anda lampiaskan kelelahan tadi dengan makan tanpa mempertimbangkan makanan yang dikonsumsi. Fenomena yang terjadi adalah jumlah kalori yang dibakar sebesar 500 kalori tetapi yang dikonsumsi setelah olah raga kemungkinan bisa 600 kalori. Pada akhirnya berat badan anda bukannya  berkurang malah bertambah.

16. Makan Sering namun Dengan Jumlah Sedikit

Apabila anda semakin sering makan, ternyata metabolisme di dalam tubuh anda juga akan sering bekerja. Maka pengolahan makanan pun akan menjadi lebih optimal. Walau demikian untuk meningkatkan kerja metabolisme supaya tetap aman dan bisa mengurangi berat badan juga, kurangilah porsi makan anda.

Jadi meskipun makan sampai lebih dari 5 kali bila porsinya sedikit, berat badan anda justru bisa turun dengan signifikan. Biasakan juga untuk memakai piring kecil, karena nyatanya faktor kecil ini sangat mempengaruhi rutinitas makan anda. Piring kecil akan mensugesti anda kalau makanan yang anda makan sudah banyak serta lebih dari cukup.

17. Kunyah Makanan dengan Tepat 

Makanan yang dikunyah dengan lebih lama dan sampai menjadi halus, bisa membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih rendah. Semakin sedikit kalori yang masuk, semakin cepat juga berat badan anda bisa turun. Cara yang sehat juga aman tentunya dilakukan oleh siapa saja.

Studi lain juga sudah menunjukkan kalau saat anda mengunyah dengan lama, ada jeda waktu yang cukup bagi perut untuk mengantar sinyal kenyang ke otak. Sehingga rasa kenyang akan muncul walaupun makanan yang kita makan tak sebanyak porsi biasa kita. Banyak kunyahan ideal untuk satu suap makanan yaitu kurang lebih 32 sampai 50 kali kunyahan. Silahkan anda coba dan rasakan keefektifannya.

18. Hindari Makan Malam lewat dari pukul 19. 00 

Makan di jam malam lewat dari pukul 19. 00 merupakan waktu dimana anda sudah minim akan aktivitas. Kondisi ini mengakibatkan makanan yang anda konsumsi akan menumpuk dan menjadi lemak bukannya energi. Tak heran kenapa makan malam sangat tidak disarankan untuk kesehatan. Oleh karena itu, hindarilah makan terlalu malam dan juga mengkonsumsi cemilan. Karena semua itu hanya akan menaikkan bobot berat tubuh anda saja. Gosoklah gigi untuk membuat anda malas mengkonsumsi makanan pada malam hari.

19. Mengatur Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Kandungan yang terdapat di dalam makanan banyak sekali jenisnya. Dalam rangka anda ingin menurunkan berat badan, anda harus sangat memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi dan kandungannya. Pastikan tidak untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jahat tinggi serta gula tinggi. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mencukupi kebutuhan protein anda. Protein rendah lemak harus anda konsumsi selama program diet, karena protein bisa membuat anda kenyang lebih lama dibanding kandungan makanan lain. Contoh makanan kaya protein dan rendah lemak yaitu kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan lada, merica, dan cabe. Karena beberapa makanan tersebut dapat membakar kalori saat proses pencernaan di usus besar. Cukupi kebutuhan serat dari buah-buahan serta sayuran untuk mempermudah proses pencernaan selama diet.

20. Mengatur Konsumsi dengan Jadwal Menu 

Salah satu langkah untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi. Walau demikian mengatur kalori tidaklah mudah. Sehingga saat diet anda bisa mengakalinya dengan membuat jadwal menu makan yang mencukupi kebutuhan anda tanpa membuat anda kegemukkan. Berikut ini ini salah satu contoh jadwal menu yang bisa anda gunakan untuk makan pagi, siang, sore, sampai malam. Jadwal ini dibuat setelah memperhitungkan kebutuhan nutrisi harian anda. Silahkan bila ingin dijadikan contoh untuk diet anda.

21. Mari bergerak aktif 

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila berolahraga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang paling efektif. Menurut riset, berolahraga dapat membantu memangkas lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Terbakarnya lemak inilah yang bisa membuat berat tubuh anda menjadi lebih ideal.

Untuk mengurangi berat badan berlebih melalui berolahraga, orang dewasa yang berusia mulai dari 19 sampai 64 tahun disarankan untuk teratur melakukan gerakan aerobik seperti berjalan, bersepeda, berlari setidaknya 150 menit per minggu. Untuk menurunkan berat badan lebih cepat anda bisa meningkatkan porsi olahraga anda.

22. Berkomitmen untuk kurus? Perlu!

Mengapa anda perlu berkomitmen? Sebab semua langkah untuk menurunkan berat badan tidak akan efektif jika anda tidak memiliki komitmen yang kuat dalam melakukannya. Mungkin saja minggu ini anda akan giat melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan lainnya. Akan tetapi, pada minggu kedua rutinitas tadi mendadak tidak anda lakukan lagi.

Nah, disinilah pentingnya membangun komitmen. Jika memang perlu, anda dapat menyewa jasa pelatih Gym untuk memandu diet anda supaya berjalan dengan baik dan telaten.

Olahraga Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan 

Olahraga diyakini sebagai cara yang efektif dan aman untuk menurunkan berat badan. Tetapi, kebanyakan orang berasumsi bahwa olahraga sulit dilakukan dan memerlukan banyak waktu luang. Kenyataannya banyak olahraga yang dapat dengan mudah anda lakukan di waktu-waktu luang anda saja. Ingin tahu apa sajakah olahraga ringan yang bisa membantu anda menurunkan berat badan? Berikut ini ini pemaparannya silahkan anda coba lakukan.

Olahraga Berjalan

Berjalan adalah salah satu jenis olahraga yang paling sederhana. Anda tidak membutuhkan alat khusus dan waktu khusus. Anda hanya membutuhkan niat serta komitmen saja. Umpamanya anda bisa membiasakan diri untuk berangkat dan pulang beraktivitas dengan berjalan kaki. Tidak perlu terlalu jauh, cukup 1000 langkah per hari saja. Manfaatnya juga pasti akan cepat terasa oleh tubuh anda. Anda akan merasa tubuh yang lebih enteng dan perubahan pada berat badan anda.

Olahraga Berlari 

Olaharaga berlari adalah olahraga yang dapat anda lakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivtas anda, atau pada malam hari sesudah anda kembali ke rumah. Berlari diketahui dapat membakar kalori dengan sangat efektif. Dengan berolahraga juga akan membantu sistem metabolisme tubuh anda.

Dengan waktu satu jam anda berlari, jumlah kalori yang akan terbakar adalah lebih dari 700 kalori. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk olahraga berlari di waktu senggang anda dan akhirnya anda pun akan merasakan berat badan anda berkurang waktu demi waktu.

Olahraga Berenang

Olahraga air ini sangat tepat untuk anda lakukan dalam mengisi waktu akhir pekan anda. Berenang dapat juga menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Umumnya orang memang akan lebih menyukai olahraga berenang dibanding dengan berlari.

Sebenarnya, jumlah kalori yang dibakar pun tidak jauh berbeda dengan berlari, berenang selama 1 jam akan mampu membakar kalori anda sebanyak 700 kalori. Walau demikian, beberapa kalangan tertentu lebih menyukai olahraga ini karena jauh dari lengketnya keringat.

Olahraga Senam/Yoga 

Jenis olahraga ini sudah semakin banyak dilakukan, terutama oleh para wanita. Senam atau yoga merupakan salah satu olahraga yang memungkinkan anda untuk mengurangi bobot tubuh secara efektif. Hanya dengan waktu 1 hingga 2 jam, kalori yang akan terbakar sangat tinggi.

Anda dapat menjadikan olahraga ini sebagai hobi, karena selain dapat membantu menurunkan berat badan, senam atau yoga juga mampu memperbaiki postur badan anda. Itulah sebabnya, banyak ahli yang menganjurkan melakukan olahraga ini sebagai pendukung program penurunan berat badan.

Olahraga Lompat Tali 

Untuk melakukan olahraga lompat tali bisa anda lakukan dimana saja, di taman, di halaman rumah, di ruang tamu, dan termasuk di kamar anda. Yang anda perlu sediakan hanya tali untuk melompat. Tali ini bisa anda beli di banyak toko dan tidak susah untuk ditemukan. Melakukan lompat tali akan membakar kalori lebih banyak dibanding jenis olahraga yang lain.

Olahraga yang tampak ringan ini ternyata bisa membakar hampir 900 kalori dalam satu jam periode olahraga. Sangat besar bukan manfaatnya? Tidak hanya kalori, lompat tali juga efektif membakar lemak yang sudah ada di dalam tubuh. Sehingga beberapa bagian tubuh yang menumpuk dengan lemak bisa mengecil seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu lakukanlah lompat tali secara teratur dan dapatkan hasil maksimalnya.

Pada intinya setiap olahraga bisa anda lakukan untuk membantu dan mendukung cara menurunkan berat badan. Tetapi, pastikan anda memilih olahraga yang paling mungkin bisa dikerjakan sesuai kondisi anda.

Bila anda tidak mempunyai waktu untuk berenang, ada pilihan lain yang dapat anda lakukan seperti berlari. Bila biaya untuk senam atau yoga terlalu mahal, ada olahraga berjalan yang tanpa biaya dapat anda lakukan. Apapun jenis olahraga, semua pasti bermanfaat bila dilakukan dengan rutin dan teratur.

Pola hidup yang baik supaya tidak kelebihan berat badan 

Dalam hal menurunkan berat badan secara efektif dan aman, seperti telah dijelaskan di atasada beberapa cara aman yang bisa dilakukan. Tetapi, dibutuhkan juga olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pola hidup yang baik dalam menjaga berat badan juga harus diingatkan kembali. Beberapa pola hidup yang baik yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan yaitu :

  • Makan sesuai dengan kebutuhan 
  • Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji 
  • Hindari makanan berlemak tinggi 
  • Hitung konsumsi kalori yang sudah anda makan
  • Tidak mengkonsumsi alkohol 
  • Tidak bergadang 
  • Tidak malas berolahraga 

Demikian beberapa cara menurunkan berat badan yang aman serta pola-pola hidup yang baik yang bisa mendukung menurunkan berat badan secara efektif yang bisa anda lakukan. Ingatlah kalau yang terutama dari seluruh usaha menurunkan berat badan yaitu niat dan komitmen anda. Cara tersebut memang tampak mudah dilakukan, akan tetapi tanpa niat dan komitmen tak satupun cara tersebut bisa terwujud.

Ingatlah kalau sekali saja anda lalai dan melupakan aturan diet anda, maka perjuangan anda sebelumnya telah kembali lagi ke titik awal. Anda harus mempunyai niat kalau anda ingin mempunyai berat badan yang ideal. Anda harus berkomitmen kalau anda bisa menurunkan berat badan.

Tanpa paham dan pemikiran yang positif, semua cara yang dijelaskan di atas tidak akan bermanfaat. Oleh karenanya, pastikanlah niat dan komitmen anda sebelum melakukan cara-cara menurunkan berat badan yang sudah dijelaskan di awal.

Hindari pemakaian obat-obat diet dan pengurus badan yang tidak resmi serta aman pemakaiannya. Bukan berat badan yang ideal yang akan anda peroleh, tetapi penyakit-penyakit membahayakan. Gunakan cara-cara alami dan banyaklah berolahraga, supaya anda mendapatkan berat badan yang ideal dan normal.

Berat badan yang ideal dan normal akan menjaga kehidupan anda tetap sehat dan tanpa penyakit. Karena berat badan yang berlebih merupakan salah satu awal penyakit dimulai. Semoga semua langkah-langkah di atas bisa bermanfaat dan membuat anda dapat menjadi lebih sehat.