Emir Tamim bin Hamad Al Thani

Emir Tamim bin Hamad Al Thani, Tokoh Berpengaruh di Dunia

Ngelmu.id – Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani (الشيخ تميم بن حمد آل ثاني) merupakan salah satu 500 Tokoh Islam yang Berpengaruh di Dunia. Ia adalah Pemimpin, Emir negara Qatar saat ini. Dia merupakan putra keempat dari Emir Qatar sebelumnya, Syekh Hamad bin Khalifa al-Tsani. Ia menjadi Emir Qatar pada tanggal 25 Juni 2013, pada usia 33 tahun, setelah ayahnya, Syekh Hamad bin Khalifa Al-Thani, turun tahta pada bulan Juni 2013 dan menyerahkan kekuasaan dalam pidato yang disiarkan televise kepadanya. Qatar adalah negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita $ 93.352. Qatar adalah Negara pengekspor gas alam cair terlarut, dan lokasi cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia.

Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani lahir 3 Juni 1980 di Doha, Qatar. Ia adalah anak keempat Syekh Hamad bin Khalifa al-Tsani dan merupakan anak kedua dari istri kedua Hamad, Syeikha Muzah binti Nassir al-Missnad. Tamim mengenyam pendidikan di Sherborne School di Dorset, Inggris di mana ia menerima “A Level” pada tahun 1997. Dia kemudian mengenyam pendidikan di Royal Military Academy Sandhurst dan lulus pada tahun 1998. Setelah lulus dari Royal Military Academy Sandhurst, ia bertugas sebagai Letnan Dua di Angkatan Bersenjata Qatar. Kemudian dia diangkat sebagai wakil panglima tertinggi angkatan bersenjata Qatar pada tahun 2009.

Emir Tamim bin Hamad Al Thani

Pada 8 Januari 2005, Syekh Tamim menikahi sepupunya yaitu Syeikha Jawaher binti Hamad bin Suhaim al-Tsani, putri dari Syekh Hamad bin Suhaim al-Tsani. Mereka memiliki empat anak – dua putra dan dua putri, Syeikha Almayassa binti Tamim al-Tsani (lahir pada tahun 2006), Syekh Hamad bin Tamim al-Tsani (lahir pada tahun 2008), Syeikha Aisha binti Tamim al-Tsani (lahir pada tahun 2010), Syekh Jassim bin Tamim al-Tsani (lahir pada tahun 2012).

Dari istri kedua Syekh Tamim, Syeikha Anoud binti Mana Al-Hajri, yang dinikahinya pada 3 Maret 2009, yang merupakan putri dari Mana bin Abdul Hadi Al-Hajri, Duta Besar Qatar untuk Yordania, Syekh Tamim memiliki dua anak, seorang putri dan seorang putra. Anak dari istri keduanya adalah Syeikha Nayla binti Tamim al-Tsani (lahir pada tahun 2010) dan Syekh Abdullah bin Tamim al-Tsani (lahir pada tanggal 29 September 2012).

Emir Qatar, Syaikh Tamim ibn Hammad Al Thani mencium ta’zhim Syaikh Dr. Yusuf Al Qaradlawy, hafizhahumallaah

Tamim menyukai olahraga kompetitif. Dia senang bermain bulu tangkis. DIa juga senang bermain boling dengan mantan panglima militer Mesir, Muhammad Hussein Tantawi. Dia memiliki minat yang besar dalam sejarah dan warisan bangsanya. Dia fasih berbahasa Perancis dan Inggris. Pada tahun 2006, pembaca surat kabar Mesir Al-Ahram memilihnya “kepribadian olahraga terbaik di dunia Arab”. Tahun itu dia memimpin panitia Asian Asian Games ke-15 di Doha, yang dihadiri oleh semua negara anggota untuk pertama kalinya.

Sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional, Syekh Tamim juga menerima tawaran menjadi tuan rumah untuk Olimpiade 2020. Serta Piala Dunia FIFA, Qatar juga akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Renang Renang Fina (Balairana Internasional) pada tahun 2014. Sebagai tambahan, Qatar Sport Investments, yang didirikan oleh Sheikh Tamim pada tahun 2005, memiliki klub sepakbola Prancis dengan biaya belanja besar Paris Saint-Germain.

Emir Tamim bin Hamad Al Thani

Jabatan lain yang dipegang oleh Syekh Tamim adalah ketua Dewan Tertinggi untuk Cagar Alam dan Lingkungan, ketua Dewan Pendidikan Tertinggi, dan ketua dewan direksi Qatar Investment Authority.

Saat ini hubungan Qatar dengan “tiga saudara kembarnya” sesama negara Teluk Persia terus memanas. Semoga Qatar memainkan manuver yang bagus untuk menghadapi embargo dan isolasi yang terjadi pada dirinya. Qatar sudah tahu risiko membantu Islam, Ikhwan, dan Hamas, maka Qatar pun inshaAllah sudah tahu solusinya. Semoga Qatar tetap dikuatkan Allah dalam menghadapi tekanan ini. Allah sebaik-baik pembuat rencana dan makar. Semoga Allah melemahkan Zionis Israel, Amerika dan sekutunya.