Fanatisme Fans Klub Eropa


Ngelmu.com, Depok – Matchday perdana Liga Champions Eropa musim 2016/17 sudah dimulai pertengahan minggu ini. Para penggila bola di seluruh dunia pun kembali dimanjakan dengan aksi-aksi para seniman lapangan hijau berlaga di ajang paling prestisius se-Eropa ini.

Namun selain aksi para pemain top Eropa berlaga, ada yang membuat laga-laga tersebut semakin menarik dan menambah atmosfer di dalam stadion. Aksi suporter atau pemain ke duabelas di atas tribun stadion pun tak luput dari beribu pasang mata ketika menyaksikan pertandingan.

Kami akan mencoba merangkum sejumlah aksi-aksi kreatif para penggila bola yang sengaja langsung datang ke stadion, guna manyaksikan dan mendukung tim kesayangan mereka berlaga. Dan inilah kelompok suporter yang selalu menggelorakan tribun-tribun stadion di ajang Liga Champions Eropa.

Fans Legia Warsawa

Mungkin kelompok suporter milik klub Legia Wrasawa ini, akan jarang kita jumpai aksi mereka jika klub asal Polandia itu tidak berlaga di ajang Liga Champions. Dan musim ini adalah perdana untuk Legia berlaga di kompetisi antar klub Eropa ini.

Suporter tuan rumah pun menunjukan aksi kreatifnya saat menjamu wakil Jerman, Borussia Dortmund di Stadion Polish Army, Polandia. Pendukung Legia yang pada saat itu memadati Stadion pun dengan kompaknya membentangkan spanduk besar bertuliskan ‘Guest Who’s Back?’ yang artinya siapa yang kembali.

Tulisan raksasa itu mengartikan bahwa tim kesayangan mereka telah kembali setelah 20 tahun lamanya absen dari ajang ter akbar sedaratan Eropa ini. Tentunya aksi suporter sperti ini seakan menyiutkan nyali siapa pun yang bertandang ke stadion yang di isi suporter seperti itu.

Namun sayang, Legia harus bertekuk lutu di tangan Dortmund 0-6, yang seakan tidak gentar menghadapi ribuan pendukung Legia yang memadati Polish Army Stadium, Kamis (14/9).

Akan tetapi aksi membentangkan spanduk Yellow Wall yang dilakukan suporter Legia, sempat memicu amarah fans Dortmund yang datang pada laga itu. Meski begitu, aksi itupun segera langsung bisa ditangani oleh pihak kepolisian setempat.

www.youtube.com

Fans Borussia Dortmund 

Suporter Borussia Dortmund yang biasa disebut, Borussen mungkin adalah salah satu kelompok suporter terbaik di dunia. Aksi-aksi kreatifnya di Signal Iduna Park Stadium, memang selalu memukau siapa saja yang melihat koreografi yang mereka tunjukan.

Salah satu aksi mereka yang selalu menempel di ingatan saya adalah, ketika Dortmund menjamu Real Madrid 2013 lalu. Saat itu seisi stadion Signal Iduna Park dipenuhi warna kuning, warna khas Dortmund. Pada saat itu, Dortmund sukses menggilas Madrid dengan skor 4-1. Kemenangan itu tak terlepas dari suporter Dortmund yang seakan menciutkan mental para pemain-pemain Madrid.

Dortmund pun sukses melaju ke final melawan rival abadi mereka, Bayern Munchen. Namun sayang mereka gagal mengangkat trofi si kuping besar, karena ditaklukan Munchen 2-1 di Stadion Wembley, Inggris.

footballultra.blogspot.com

Fans Barcelona

Barcelona bisa dibilang adalah klub tersukes dunia di 6 tahun terakhir ini. Namun kesuksesan itu sepertinya tidak akan bisa terlepas dari dukungan fans fanatik mereka. Cules adalah sebutan kelompok fanatik Barcelona. Mereka yang selalu memadati stadion Nou Camp ketika Barca berlaga menjadi sokongan mental, dan mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa mereka hampir selalu meraih hasil sempurna ketika bermain di kandang.

Nou Camp akan menjadi lautan merah dan biru, terlebih mereka menjamu Real Madrid musuh abadi mereka baik di La Liga maupun Liga Champions. Selain rivalitas di atas lapangan, kedua tim ini juga diselimuti ketegangan karena sejarah kedua kota. Madrid dan Catalunya mempunyai sejarah panjang yang cuku kelam, sehingga kenapa mereka selalu berseteru baik di dalam maupun di luar lapangan.

wordpress.hotpress.com

Fans Bayern Munchen 

Bayern Munchen yang merupakan rival bebuyutan Borussia Dortmund juga tidak mau kalah. Jika kita berbicara prestasi, memang Die Bavaria unggul jauh ketimbang Dortmund. Namun tak hanya soal prestasi, mereka juga memiliki pendukung setia yang siap menciutkan mental tim manapun yang sedang berhadapan dengan klub asal kota Munich itu.

Sama dengan basis suporter lain, fan Bayern Munchen juga memiliki basis suporter di seluruh dunia termasuk Indonesia. Berbicara aksi di dalam stadion, aksi mereka pun selalu menggemuruhkan Alinanz Arena, kandang Munchen. 75 ribu kapasitas Alianz Arena, serasa kurang jika melihat antusias suporter Munchen di stadion.

Dan inilah suatu bentuk bukti, bagaimana fanatiknya suporter dalam mendukung tim kesayangan mereka. Bahkan sampai-sampai ada yang menjadikan sepakbola sebagai dewa. Pastinya masih ada basis-basis suporter di dunia ini selain di benua Eropa yang lebih fanatik dan terkesan beringas dalam mendukung tim kesayangan mereka.