Foto-Foto Terbaru Pengungsi Rohingya yang Membuat Hati Membiru

Ngelmu.id – Sudah cukup lama, berita tentang Rohingya meredup. Padahal sampai saat ini dan entah sampai kapan, muslim Rohingya masih menghadapi penderitaan di tanah kelahirannya, yang telah mereka tinggali selama ratusan tahun yang lalu.

Untuk menyelamatkan nyawa mereka dari aksi biadab para biksu radikal dan tentara Myanmar, muslim Rohingya dengan sangat terpaksa meninggalkan tanah kelahirannya untuk mengungsi ke Bangladesh. Perjalanan mereka ke Bangladesh tidaklah mudah. Dalam perjalanannya, muslim Rohingya harus melewati rute yang sangat sulit.

Mereka berjalan kaki tanpa alat bantu, mereka harus menyeberangi sungai untuk bisa melintasi perbatasan menuju Bangladesh. Foto-foto hasil jepretan Reuters bisa dipastikan hati membiru sedih dan membuat mata berkaca-kaca saat melihat perjalanan yang penuh perjuangan dari muslim Rohingya.

Dari foto-foto yang dilansir oleh Reuters, bisa dilihat ada nenek-nenek yang harus berjuang menyeberangi sungai. Air setinggi leher pun harus dilalui, sering dengan mendongakkan kepala agar bisa bernafas sewaktu melintasinya. Untuk yang kaum laki-laki juga bukannya tanpa kesulitan. Sebab banyak di antara mereka harus menyeberangi sungai itu sambil menggendong anaknya.

Semoga setidaknya selalu ada doa dari kita untuk mereka. Berikut ini sebagian foto yang telah dirilis oleh Reuters: