Habib Rizieq Melawan Ketidakadilan Hukum: Dari Malaysia, Habib Rizieq Balik Lagi ke Saudi

Ngelmu.id – Habib Rizieq Syihab kembali ke Arab Saudi setelah sempat berada di Malaysia. Pengacara Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro, mengatakan ini merupakan bentuk perlawanan kliennya.

“Jadi ini simbolik perlawanan terhadap kejadian ketidakadilan hukum,” ujar Sugito kepada detikcom, Senin (15/5/2017).

Sugito membantah jika dikatakan Rizieq kembali ke Arab Saudi untuk melarikan diri. Menurutnya, selama ini kliennya taat hukum.

“Oh nggak (melarikan diri). Habib bukan tipe mau melarikan diri dari tanggung jawab,” ucap Sugito.

Sugito mengatakan Rizieq melakukan perlawanan tersebut karena menilai ada upaya rekayasa proses hukum terhadapnya. Ia juga menilai proses hukum terhadap Rizieq dalam kasus dugaan pornografi ‘baladacintarizieq’ itu dipolitisasi.

“Cuma ketika sudah ada rekayasa hukum terkait proses yang sekarang ini terjadi, politisasi, Habib akan melawan. Dia tidak akan lari dari tanggung jawab. Kalau ini sudah terkait kekuasaan, terkait dengan kekalahan Ahok, terkait putusan Ahok dan sebagainya, itu sudah jelas, sekarang dimunculkan kembali. Ini ada apa,” tuturnya.

Ia juga menyebut penyidik terkesan memaksakan proses hukum terhadap kliennya. Ia mempertanyakan alasan polisi membuat surat perintah penjemputan paksa bagi kliennya itu.

“Panggilan pertama kan sudah di Mekah. Kenapa kok langsung diburu-buru panggilan kedua. Bahkan sudah disiapkan jemput paksa, ini kan sengaja. Hukum sebagai alat kekuasaan untuk menekan Habib. Saya nggak mau kalau upaya-upaya semacam ini,” tuturnya.

Meski begitu, Sugito memastikan kliennya akan kembali ke Tanah Air. “Tetap akan kembali ke Indonesia, tetapi melihat perkembangannya nanti,” katanya.
(mei/fjp)

detik