Halsel Raih Penghargaan Pembinaan Lapas Terbaik

Ngelmu.id – Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara raih penghargaan pembinaan Lembaga Pemasyarakatan terbaik di Indonesia. Penghargaan ini diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Hukum dan HAM kepada Pemkab Halsel pada Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 yang diperingati Kamis (27/4) di Jakarta.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba menerima penghargaan langsung dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di tengah upacara Hari Bhakti Pemasyaraktan tersebut. Menurut Yasonna, Halsel dinilai mampu menjalankan program pembinaan warga lapas dengan baik dan bisa menjadi contoh bagi lapas lainnya di Indonesia.

Menurut Bahrain Kasuba, Halsel menjalankan beberapa program yang dapat dikategorikan sebagai bentuk pembinaan yang membangun bagi warga binaan lapas. Ia menyebut diantaranya adalah menyelenggarakan pendidikan nonformal dengan memberikan keterampilan kepada warga binaan.

“Menurut kami program-program tersebut sebenarna program yang menjadi hak warga binaan, karena mereka pada dasarnya warga negara yang punya hak dan kewajiban sama dengan lainnya, hanya saja sementara terbatasi oleh hukum  sebagian (hak dan kewajiban tersebut),’ tutur mantan Ketua DPRD Kabupaten Halsel 2 periode ini.

Bahrain menyebut penghargaan ini menjadi pelecut bagi ia dan jajarannya untuk terus berkarya dan berprestasi demi kemajuan Halsel.