Heboh Hasil Investigasinya, Siapa Allan Nairn?

Ngelmu.id – Video wawancara nya di youtube sedang viral juga karena belakangan ini tulisan Allan Nairn yang dimuat oleh tirto.id “Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar” sempat bikin heboh.

Bahkan pihak Markas Besar TNI langsung bereaksi akan memperkarakannya karena dinilai menyudutkan institusi TNI.

Mabes TNI memandang isu berita yang dimuat di media online tirto.id pada 19 April 2017 tidak benar atau hoax, namun akhirnya TNI tidak jadi memperkarakannya dan memilih menempuh penyelesaian lewat Dewan Pers.

Pengamat politik dan pertahanan Salim Said tidak percaya terhadap hasil investigasi jurnalis asing Allan Nairn tentang upaya mengkudeta Presiden Joko Widodo.

“Saya enggak percaya dengan analisisnya Allan Nairn. Sangat spekulatif,” ujar Salim setelah acara diskusi di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/4/2017).

Salim yang juga merupakan Guru Besar di Univestitas Pertahanan tersebut juga berharap masyarakat Indonesia tidak langsung percaya atas tulisan dibungkus artikel investigasi itu.

“Jangan percaya cerita Alan Nairn itu, dia itu enggak ngerti Indonesia,” ujar Salim.

Secara khusus, Salim mengkritik tulisan Alan tentang kudeta Presiden Jokowi dibekingi kelompok tentara.
Menurut nya, di era yang menjunjung tinggi undang-undang seperti saat ini, hal itu tidak mungkin dilakukan. Apalagi TNI kini bukan seperti TNIdahulu. TNI kini dinilai mendorong supremasi sipil.
“Sekarang TNI itu menjalankan UU TNI yang memberi kekuatan kepada sipil di dalam rangka supresmasi sipil,” ujar Salim.

” TNI juga menurut Pasal 10 UUD 1945, tunduk kepada Presiden, sebagai pemegang kekuasaan tertinggi Angkatan Darat, Laut dan Udara. Jadi enggak ada itu cerita kudeta, konspirasi dan sebagainya,” lanjut dia.