Hindari Polisi, Enner Valencia Pura-Pura Cedera


Ngelmu.com, Depok – Hal-hal yang tidak terduga dalam setiap situasi memang kerap terjadi. Sesuatu yang sering disebut faktor ‘x’ ini memang kerap terjadi tanpa perkiraan terlebih dahulu. Yang namannya juga faktor ‘x’ atau kejadian tidak terduga, pastinya akan mengganggu jalannya suatu kegiatan, tak terkecuali di dunia sepakbola.

Kejadian unik dan terkesan serius, terjadi di ajang kulifikasi Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Russia. Pertandingan antara tuan rumah Ekuador kontra Chile, dinihari tadi (7/10) diwarnai aksi pura-pura cedera oleh striker andalan Enner Valencia.

Valencia saat sedang berhadapan dengan Chile, berusaha mengelabui Polisi dengan berpura-pura cedera, serta meminta tim medis untuk memakaikan tabung oksigen, agar seakan-akan dirinya sedang mengalami cedera parah.

Aksi yang dilakukan ujung tombak milik West Ham United yang kini sedang dipinjamkan ke Everton itu, kabarnya guna mengelabui pihak keamanan. Pasalnya Valencia sedang terjerat masalah hutang karena tidak membiayai anaknya yang masih berusia 5 tahun.

Sebelumnya memang pihak keamanan Ekuador sudh mengincar sang pemain saat berlatih jelang melawan Chile. Namun mereka gagal membekuk Valencia dan memutuskan meringkus striker 26 tahun itu. Bukan tanpa alasan pemain West Ham United yang tengah dipinjamkan ke Everton ini sampai dikejar polisi.

Pasalnya, ia diklaim tidak bertanggung jawab atas tanggungan biaya perawatan anak perempuannya yang berumur lima tahun. Ia dituntut untuk membayar 13,350 Poundsterling (kurang lebih setara dengan 216 juta Rupiah).

soccer.sindonews.com

Kelalaian polisi Ekuador dalam menangkap Valencia disayangkan oleh pihak pengacara istri Valencia. “Sungguh disesalkan beberapa petugas kepolisian tidak bekerja sama demi menangkap pesepak bola Enner Valencia,” ujar kuasa hukum dari ibu anak Valencia, Paul Marin, seperti yang dikutip Mirror.

Pengacara sang ibu dari Valencia juga menyayangkan perbuatan tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh Valencia. Pasalnya Valencia memiliki gaji yang terbilang besar, akan tetapi tega untuk tidak membiayai kehidupan anaknya itu.

“Jika mereka mengatakan orang ini mendapatkan begitu banyak, mengapa tidak dia membayar biaya bulanan kepada putrinya.”

Namun meskipun Valencia melakukan aksi pura-pura cedera dengan menggunakan mobil golf, yang dimana mobil golf itu digunakan untuk pemain yang mengalami cedera serius dan hendak dioper ke mobil ambulan dan hendak dilarikan kerumah sakit menuai hasil sia-sia. Pihak keamanan Ekuador kali ini seperti tidak ingin kehilangan kesempatan kedua.

Valencia pun berhasil dibekuk oleh polisi. Padahal pada laga itu, Valencia sedang berada di dalam performa apik dengan menlesahkan satu asisst untuk gol Antonio Valencia. Melihat kejadian ini memang sangat memilukan, bukanya tanpa niat menghakimi sang pemain. Akan tetapi coba kita buka mata lebar-lebar dalam melihat kasus yang dilakukan Valencia.

Benar saja jika apa yang dibilang oleh pengacara ibu dari anak Valencia, Paulo Marin. Marin yang mengatakan Valencia yang memiliki gaji besar, untuk membayar biaya hidup anaknya yang masih berusia 5 tahun.

Jika kita membandingkan Enner Valencia dengan seorang Cristiano Ronaldo. Tentu saja level Valencia dengan CR7 dalam karir sepakbola maupun diluar sepakbola, Ronaldo unggul jauh dibandingkan Valencia. Meski begitu, Ronaldo tidak melupakan keluarganya, baik anaknya Cristiano Ronaldo Junior maupun sang ibunda.

Hal yang berbeda jauh dengan Enner Valencia. Bisa dibilang kepopularitasan Valencia masih bisa dibilang ‘nanggung’ untu ukuran pesepakbola dunia, akan tetapi ia dengan begitu mudahnya melupakan anak yang sudah ia buahi bersama mantan kekasihnya itu.

Namun memang entah faktor apa yang membuat Valencia tega melakukan hal tidak bertanggung jawab seperti itu. Tetapi dalam sisi manusiawi, tentu Valencia berbuat tidak manusiawi kepada anak yang relatif masih sangat kecil. Hal ini memang menarik untuk ditunggu perkembangan kasus Valencia. Hukuman apakah yang akan dijatuhkan oleh otoritas Ekuador kepada pemain andalan Everton ini.

Kabar terakhir mengatakan bahwa pengacara dari sang pemain, Juan Carlos Carmigniani, telah mencapai kesepakatan dengan pengadilan setempat untuk menghindari pemanggilan sementara waktu. Belum ada keterangan resmi apa pun dari Valencia terkait masalah ini. Pertandingan sendiri, Ekuador sukses mengandaskan perlawanan Claudio Bravo dan kawan-kawan dengan skor 3-0.