Ini beberapa hasil dari pertemuan pimpinan negara-negara liga Arab 2017

Ngelmu.id – Ini beberapa hasil dari pertemuan pimpinan negara-negara liga Arab 2017

Para pemimpin Arab telah menuntut solusi dua-negara dalam konflik Israel-Palestina yang tealh berlangsung selama puluhan tahun di tengah meningkatnya kegelisahan atas sikap Amerika Serikat di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Kepala Liga Arab menyatakan – tidak secara terbuka menyebut Trump – namun mereka menekankan dukungan mereka untuk negara Palestina merdeka.

Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Emir Qatar, mengatakan: “Kami diminta untuk bersama-sama dan serius bertindak untuk menekan masyarakat internasional dan Dewan Keamanan [PBB] untuk menolak dimulainya sistem apartheid di abad ke-21 (Israel terhadap Palestina) ”

Tuan rumah KTT, Raja Abdullah dari Yordania, mengatakan pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel tetap menjadi dasar kesepakatan damai yang komprehensif.

“Israel terus memperluas pemukiman dan memungkinkan Merusak kesepakatan damai … Tidak akan pernah wujudnya perdamaian atau stabilitas di kawasan itu tanpa solusi yang adil dan komprehensif untuk perjuangan Palestina melalui solusi dua negara,” katanya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga mengkritik kebijakan Israel dalam sambutannya.

“Pemerintah Israel sejak 2009 merusak kesepakatan solusi dua-negara dengan mempercepat tempo permukiman dan penyitaan tanah,” Abbas mengatakan kepada para pemimpin Arab.