Ini Dia Cita-cita Pemenang Kompetisi Hackers Nasional Cyber Jawara 2016

Tim Al Kahfi yang beranggotakan Deni (kiri), Faisal (tangah) dan Luqman (kanan) berhasil menjuarai kompetisi nasional hackers Cyber Jawara di ajang CodeBali 2016. Ketiga remaja belasan tahun ini mampu mengalahkan 19 tim lainnya yang jauh lebih senior (Foto: Firtra Ratory)

Ngelmu.com – Pemenang kompetisi hackers nasional Cyber Jawara yang digelar bersamaan dengan konferensi internasional keamanan siber CodeBali 2016 di Bali, ternyata tiga orang remaja belasan tahun asal Surakarta Jawa Tengah.

Faisal, Deni dan Luqman yang tergabung dalam tim Al Kahfi berhasil menaklukan 19 tim lainnya yang rata-rata lebih senior.

Awalnya ketiganya memiliki minat yang sama di dunia siber sejak masih sama-sama bersekolah di SMK 2 Surakarta. Meski kini ketiganya berkuliah di tiga kota berbeda, kekompakkannya masih bisa dibuktikan di ajang cyber jawara 2016.

Apa sih cita-cita mereka?

Luqman, nama lengkapnya Luqman Hakim Yumnun (17 tahun) adalah mahasiswa semester tiga (angkatan 2015) jurusan informatika Universitas Brawijaya, Malang Jawa Timur. Cita-citanya ternyata ingin menjadi insinyur keamanan siber (security engineer).

Deni, nama lengkapnya Deni Febrianto (18 tahun) adalah mahasiswa semester lima (angkatan 2014) jurusan informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta Jawa Tengah. Cita-citanya ternyata ingin menjadi dosen

Faisal, nama lengkapnya Faisal Yudo Hernawan (19 tahun) adalah mahasiswa semester lima (angkatan 2014) jurusan informatika Sekolah Tinggi Telematika Telkom Purwokerto Jawa Tengah. Cita-citanya ingin menjadi pakar keamanan siber (security expert) .

Ketiganya memilih Al Kahfi sebagai nama tim karena terinspirasi dengan kisah pemuda yang mengasingkan diri ke sebuah gua untuk menghindari penguasa yang zalim dan melarang beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Para pemuda itu lalu “ditidurkan” selama ratusan tahun lalu dibangunkan oleh Allah untuk untuk menjadi pelajaran kepada umat manusia.

Kisah ini diabadikan dalam Al Qur-an di sebuah surah bertajuk Al Kahfi. Kisah ini selalu menginspirasi para pemuda yang berusaha berjuang mempertahankan keimanan dan demi tegaknya ibadah kepada Allah SWT.