Iwan Bopeng Dikenal Sering Bikin Onar

Ngelmu.id – Nama Iwan Bopeng mendadak tenar pada pemilihan Kepala Daerah
(Pilkada) DKI Jakarta 2017 putaran pertama lalu. Kata-katanya yang menantang
warga RW 10, Palmeriam, Jakarta Timur, ‘Tentara gue potong di sini, apalagi
elu’ membuat sosoknya dicari-cari.

Ternyata, pria itu bernama asli Fredy Tahuney. Ini bukan
pertama kali ia berbuat onar. Iwan juga pernah memprovokasi keributan sejumlah
pemuda di sekitar Tegalan di malam pergantian tahun 2017 lalu.
“Dia emang petantang-petenteng. Suka bikin masalah.
Waktu tahun baru kemaren dia jadi provokator pas tawuran. Bisa dibilang kaya
preman lah dia itu,” cerita Ita (41) di Kantor RW 06, Palmeriam, Jakarta
Timur, Selasa (18/4), dikutip Republika.
Selain Ita, di ruangan berbentuk persegi panjang dengan isi
bangku dan meja warna-warni itu juga ada Ratna (43) dan Evi (43). Ketika
ditemui, mereka bertiga sedang menyantap makan siangnya. Ita, Evi dan Ratna
merupakan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan baru saja selesai mengajar
di sana. “Kantor RW di daerah sini memang suka dijadiin PAUD. Kan biasanya
RW bukanya malem,” kata Ratna.
Saat ini, mereka mengatakan sudah tidak pernah lihat
sosoknya lagi. Apalagi setelah kejadian di tempat pengambilan suara (TPS) itu.
Iwan sudah tak pernah kelihatan.”Dulu dia emang tinggal di sini, tapi
denger-denger dia beli rumah di Bogor dan pindah ke sana. Abis kejadian itu
udah gak pernah lihat lagi,” kata Ita sambil meletakkan gado-gado
santapannya.
Menurutnya juga, setelah adanya kejadian tersebut, penjagaan
di sini menjadi lebih ketat dari sebelumnya. Portal di pasang di jalan masuk
dan keluar wilayah sana. Ratna menimpali, portal-portal itu ditutup jam 00.00
WIB dan baru dibuka pukul 05.00 WIB.
Ita mengatakan, untuk Pilkada yang akan dilakukan besok,
Rabu (19/4), seluruh RT di RW 06 juga membantu menetralisir wilayahnya dari
kampanye. “Iya baru semalem ini RT-RT yang ada di sini nyopotin
poster-poster kampanye yang ditempel di tembok. Tuh, tanya Bu Ratna yang
suaminya RT,” kata Ita.
“Iya betul, semalem sampe jam berapa itu ya. Jam satuan
kalo gak salah baru selesai,” ungkap Ratna yang suaminya memang menjabat
Ketua RT 01 di RW 06 itu.
Ratna ternyata punya cerita sendiri mengenai Iwan Bopeng. Saat
video Iwan Bopeng marah-marah disiarkan di televisi, suaminya yang sedang
menonton kaget. Ia menceritakan, “‘Lah itu kan orang situ tuh’ kata suami
saya gitu.”
Setelah Iwan Bopeng dicari-cari oleh banyak orang, Ratna
berseloroh dengan suaminya kala itu. 
“‘Ayah, jangan keluar rumah dulu, lagi dicariin banyak orang,
bahaya,’ soalnya kan namanya sama-sama Iwan suami saya itu hahaha,” kisah
Ratna sambil tertawa. Ia langsung melanjutkan, “Udah gitu perut buncitnya
sama kan haha.”
Saat itu, Ita yang sedang menghapus papan tulis langsung
menyahut, “Ih, itu kan bukan nama aslinya. Dipanggil bopeng kan karena
mukanya bopeng-bopeng. Ga tau nanti kalau dia operasi wajah bakal ganti kali
namanya.”
Soal akan kah Iwan Bopeng ikut Pilkada DKI Jakarta putaran
kedua, mereka meragukannya. Apalagi dengan kondisi sedang dicari seperti saat
ini. “Kalau terdaftar atau tidak sih seharusnya terdaftar ya karena pernah
jadi warga sini. Tapi tidak tahu juga, mungkin bisa tanya ke Pak RW nanti malam
biar lebih jelas,” jelas Ratna.