Wow Ternyata Garam Juga Punya Berbagai Jenis Loh! Coba lihat Nomor 3 Unik Banget

Ngelmu.com, Jenis garam – Garam adalah penyumbang rasa asin dalam setiap masakan, tentu saja garam dapat menghadirkan masakan menjadi lebih lezat. Dalam sejarah tertuliskan garam sudah diolah sejak 100 tahun silam. Alhasil jadilah bentuk seperti garam-garam yang sering kamu lihat di dapur. Sebelumnya sobat baca tentang Jenis gula dan bahayanya untuk tubuh.

www.trackeat.com

Bro dan sis perlu ketahui jika memilih garam kini tak kalah ribetnya sperti memilih tepung yang bebas dari kandungan gluten. Mark Bitterman adalah seorang penulis yang menjelaskan jenis garam yang layak untuk bro dan sis ngelmu konsumsi loh.

Jadi, untuk mengetahui garam apa sajakah yang aman untuk dikonsumsi, simak ya penjelasan tentang jenis-jenis garam di bawah ini:

1.Garam Kosher

www.thedailymeal.com

Garam jenis ini sepintas mirip dengan garam meja, perbedaan yang mendasar hanya ada di ukuran dan tekstur kristalnya. Pendapat lumrah sejumlah orang adalah garam ini sangat sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Namun pada kenyataanya, garam kosher tidak mengandung agen “anti-caking” seperti indikator yang terdapat pada garam meja.

Sehingga anjuran dari para koki internasional atau media kulineri yang merekomendasi garam kosher terbukti salah. Pendapat ini hanyalah mitos yang berasal dari masa lalu.

2.Garam Meja

www.maangchi.com

Garam meja yang diklaim serupa dengan garam kosher ternyata diproses dengan cara yang sangat alami. Ini yang membentuk butiran hauls dan lembut. Garam memang bukanlah sumber yodium yang penting, tetapi di dalam garam meja ini terkandung sebuah zat yang dinilai sangat penting dalam kesehatan tiroid.

Kurangnya yodium dapat mengakibatkan munculnya penyakit gondok dan gangguan neurokognigtif, untuk itu nutrisi yodium, pertama kali ditambah ke dalam garam pada tahun 1920. Dengan tujuan mencegah gangguan penyakit itu.

3.Garam Pink Himalayan

www.1mhealthtips.com

Warna dari garam ini sangat lucu, saat ini garam pink banyak digunakan oleh para foodies kesehatan. Namanya Garam Pink Himalayan namun garam yang memiliki tekstur seperti kerikil ini tidak berasal dari Himalaya. Justru garam ini berasal dari bukit yang berada di Pakistan, yaitu Bukit Punjab.

Garam ini terkandung mineral penting seperti kalsium dan magnesium. Garam Pink Himalayan disebut ampuh untuk mengatasi dorongan libido yang rendah, serta mengurangi gejala penuaan. Tapi pembuktiaan mengenai hal ini belum bisa dibuktikan secara valid.

4.Garam Laut

www.heartbowsmakeup.com

Garam jenis ini sempat menjadi topik utama yang dibicarakan di kalangan kulineri. Bitterman menyebut bahwa umumnya semua garam yang terbuat dari air laut mempunyai kualitas yang sangat baik.  Ini yang membuat Bitterman membantah pendapat orang yang mengklaim garam ini adalah jenis terbaik di antara semua jenis garam.

5.Garam Asap

www.kayahara.ca

Garam ini memiliki rupa seperti asap, manfaatnya adalah untuk mempertajam aroma makanan. Bitterman juga memberikan penjelasan lebih lanjut yaitu smoked salt ini lebih tepat jika digunakannya di luar ruangan.

Garam ini juga memiliki manfaat menambah cita rasa ketika menghidangkan makanan yang diolah dengan cara dipanggang seperti contoh ikan. Namun diperlukan ketelitian sobat ketika ingin membeli garam asap, agar bro sis enggak tertipu dengan garam asap yang palsu.

6.Garam Serpihan

www.fundedbyme.com

Garam ini memiliki rupa seperti serpihan maka tidak salah jika nama garam ini adalah garam serpihan atau Flake Salt. Bentuknya seperti kristal yang kering dan bersisik ini terjadi karena proses penguapan. Garam ini juga diakui oleh para pakar kesehatan makanan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari jenis garam lainnya.

Itulah enam jenis garam yang sobat ngelmu perlu ketahui ya, kalau kalian punya jenis lain yang kurang tambahkan di kolom komentar saja ya.