Gatot Nurmantyo

Ketum MPR Dukung Penayangan Film G30 S-PKI

Ngelmu.id, JAKARTA – Ketua MPR Zulkifli Hasan menyambut baik rencana berbagai pihak untuk menggelar nonton bareng film G3OS PKI pada 30 September nanti. Menurutnya hal itu juga bagus untuk pembelajaran publik.

Nonton bareng itu bagus untuk pembelajaran bersama. Mengingat kembali pengorbanan pahlawan revolusi menjaga Pancasila,” kata Ketua MPR Zulkifli Hasan di Halim Perdanakusumah sebelum kunjungan kerja ke Solo, Ahad (17/9), dikutip Republika.

Zulkifli menekankan pentingnya generasi muda untuk memahami sejarah, khususnya G30S PKI dan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Jangan sampai, kata dia, ada yang memutarbalikkan fakta mengenai peristiwa G30S PKI.

“Anak muda harus belajar dari sejarah bagaimana menjaga Pancasila dari pengaruh paham komunis,” kata Zulhas, sapaan akrabnya.

Zulhas juga mengingatkan TAP MPRS No XXV/1966 masih berlaku. Karena itu, menurut dia, tidak relevan jika ada pihak-pihak yang mendorong pemerintah minta maaf pada PKI.

Setelah reformasi Pancasila, soal kewarganegaraan juga banyak yang tidak lagi diajarkan di sekolah. Karena itu, lanjut Zulhas, harus ada upaya terus mengingatkan generasi muda untuk menjaga Pancasila.