20 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan



Manfaat buah sirsak. Buah sirsak adalah buah yang berwarna hijau dan memiliki rasa asam bercampur manis. Nama buah sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu Zuurzak yang artinya adalah “kantung yang asam”. Pada abad ke-19, pemerintah kolonial Hindia Belanda membawa buah ini ke Nusantara, namun sebenarnya buah sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Daging buah sirsak berwarna putih dan bijinya berwarna hitam. Di Indonesia umumnya buah sirsak dijadikan minuman dengan ditambahkan es atau dijadikan eskrim. Rasanya yang asam manis memang dapat menyegarkan dahaga apalagi ketika cuaca sedang panas.
Buah sirsak dapat dikatakan sebagai tumbuhan super. Mengapa demikian? Karena, selain dijadikan penghilang rasa dahaga, buah sirsak dapat dimanfaatkan juga sebagai pengobatan tradisional untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya daging buahnya saja, akar dan biji dari buah sirsak juga memiliki manfaat. Hal ini karena buah sirsak memiliki banyak kandungan zat yang sangat baik untuk kesehatan didalamnya.

Kandungan Senyawa Buah Sirsak

Pemanfaatan buah sirsak, mulai dari daging, akar hingga bijinya, dikarenakan kandungan yang dimilikinya adalah zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan zat-zat tersebut diantaranya sebagai berikut :
  • Karbohidrat
Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat. Hampir 38 gr karbohidrat terdapat dalam ukuran satu cangkir sirsak. Fruktosa atau gula buah adalah salah satu karbohidrat yang paling banyak di dalam kandungan buah sirsak. Zat karbohidrat sendiri berperan penting sebagai energi di dalam tubuh.
  • Serat
Sirsak merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat. Kandungan serat berfungsi sebagai fasilitas gerakan pencernaan dan usus, serta dapat mengontrol kolesterol di dalam tubuh.
  • Kalium 
Fungsi dari kalium adalah dapat membantu berbagai sistem di dalam tubuh kita seperti sistem otot, tulang, pencernaan serta dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. 
  • Vitamin C 
Buah sirsak banyak mengandung vitamin C, berperan pada sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit, dan kerusakan kulit serta menyembuhkan luka. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit akibat radikal bebas. 
  • Air 
Buah sirsak mengandung banyak air yang dapat anda lihat sendiri dari strukturnya yang lembek. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini bisa menghindarkan kita dari dehidrasi. 
  • Fosfor dan Kalsium 
Fosfor dan kalsium yaitu golongan mineral yang dominan ada pada buah sirsak, dengan kisaran 27 : 14 mg/100 gr buah sirsak. Fosfor dan kalsium berperan penting dalam proses pembentukan massa tulang, sehingga dapat memperkuat tulang dan mencegah pada pelunakan tulang serta pengeroposan pada tulang. 
  • Lemak 
Lemak yang ada pada buah sirsak 0, 3 gr/100 gr buah sirsak, adalah jumlah yang sedikit, sehingga aman untuk anda yang sedang melakukan diet. Buah sirsak memilki rasa asam manis, rasa asamnya bersumber dari asam organik nonvolatil yang terutama, asam sitrat, asam malat serta asam isositrat.

Manfaat Buah Sirsak

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam buah sirsak, tidak mengherankan buah ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kesehatan tubuh. Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali riset mengenai manfaat buah yang satu ini. Dan ternyata banyak sekali manfaat yang berguna bagi manusia, mulai dari daging buah, biji hingga akarnya. Lalu apa sajakah manfaat dari buah sirsak ini? Berikut informasinya dibawah ini :

1. Mengusir kolesterol jahat

Sirsak tidak cuma mengandung vitamin C, tetapi juga mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata dapat menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Hingga yang tersisa di dalam tubuh hanya kolesterol yang baik saja. Jadi, buat anda yang ingin sehat tanpa ada kolesterol jahat di dalam tubuh anda, minumlah satu gelas jus sirsak secara teratur. Anda tahu sendiri bukan bila tubuh yang dipenuhi dengan adanya banyak kolesterol jahat dapat mengundang banyak penyakit?

2. Menjaga imunitas tubuh

Buah sirsak mengandung vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C dalam sirsak yang tinggi setidaknya telah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Selain itu vitamin C ini mempunyai peran penting dalam tubuh yaitu menjaga sistem imun tubuh, mencegah radikal bebas, menghindari infeksi sampai mencegah penuaan dini.

Karenanya bila anda ingin tampak segar serta muda, konsumsilah buah sirsak dengan teratur. Anda dapat merebus daun sirsak 4-5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

3. Baik untuk tulang

Buah yang satu ini memang mempunyai kandungan yang sangat banyak dan sangat baik untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini dapat mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Tidak cuma nutrisi itu saja yang menyebabkan sirsak dapat menjaga tulang anda. Sirsak juga ternyata mengandung zat tembaga. Zat tembaga ini mempunyai manfaat penting karena dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang. Bila kalsium terserap baik oleh tulang, pasti tulang anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit osteoporosis.

4. Mencegah kanker

Tidak cuma nutrisi berupa vitamin saja yang terdapat dalam buah sirsak. Sirsak ternyata juga mengandung senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitokimia ini nyatanya sangat baik untuk mencegah beragam virus yang dapat mengakibatkan penyakit beresiko seperti kanker.

Daun sirsak bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serta mengobati kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang dapat menimbulkanbeberapa efek samping selain biaya kemoterapi yang sangat mahal. Bahkan juga, riset sudah menunjukkan kalau sirsak mempunyai bahan aktif yang 10, 000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan hal tersebut, daun sirsak bisa menyembuhkan berbagai jenis kanker.

Diantaranya kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar serta masih ada beberapa jenis kanker yang lain. Untuk mencegah penyakit ini anda dapat mengkonsumsi sirsak dengan teratur. Baik mengkonsumsi nya secara langsung maupun mengkonsumsi olahannya yang berupa obat.

Untuk pengobatan, anda dapat merebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas air sampai hanya menjadi satu gelas, kemudian saring dan dinginkan lalu minum ramuan ini setiap pagi selama 3 sampai 4 minggu untuk melihat efek perubahan kondisi anda. Daun sirsak sebagai pengobatan kanker merupakan salah satu obat yang paling ampuh hingga saat ini.

5. Menghilangkan bisul

Bisul merupakan penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya. Namun mungkin saja bisul yang muncul pada kulit anda akan membuat anda kurang percaya diri. Bisul tidak hanya dapat diobati dengan memakai salep saja. Ternyata bisul dapat diobati dengan obat-obat alami seperti buah sirsak.

Langkah menjadikan sirsak sebagai obat bisul juga cukup mudah. Pisahkan daging sirsak dari kulitnya. Lalu haluskan sampai lembut seperti bubur. Kemudian tempelkan adonan sirsak itu pada kulit anda yang terkena bisul. Biarkan sampai kering beberapa saat. Sesudah kering, bilaslah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini selama beberapa kali sampai bisul yang menempel pada kulit anda menghilang.

6. Mengatasi migrain

Seringkah anda mengalami migrain atau rasa sakit kepala sebelah? Jika iya, umumnya anda akan mengobatinya menggunakan obat dari dokter. Namun obat dari dokter saja tidak akan cukup. Anda pun membutuhkan nutrisi alami yang terbuat dari bahan alami juga. Nutrisi alami yang dapat menyembuhkan migrain anda adalah buah sirsak. Ini karena buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Vitamin B2 inilah yang dapat mengatasi sakit migrain yang anda derita.

7. Menjaga kelembaban kulit

Buah sirsak nyatanya dapat menjaga kelembapan kulit anda. Hal ini karena buah sirsak mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang dapat membantu untuk melembabkan kulit. Bila dikonsumsi dengan teratur, buah ini dapat menjadikan kulit anda lebih lembab serta bercahaya. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung, menjadikannya jus atau bahkan juga menjadikannya masker wajah. Bila kulit anda lembab serta bercahaya, pastinya anda akan tampak lebih muda bukan?

8. Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien tidak hanya membutuhkan obat saja untuk menyembuhkannya. Anda juga butuh nutrisi alami untuk mempercepat sembuhnya wasir. Anda dapat memanfaatkan buah sirsak sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah wasir anda.

Cara membuat obat wasir dari sirsak juga mudah. Pertama, anda dapat menyeduh sirsak dengan air panas. Kemudian pisahkan antara buah dan airnya. Lalu peraslah buah sirsak yang sudah diseduh tadi. Ambil airnya kemudian minumlah. Minum ramuan khusus wasir ini selama dua kali dalam sehari sampai wasir anda dipastikan sembuh.

9. Menyembuhkan dan mencegah anemia

Untuk anda yang kerap mengalami anemia hingga membuat tubuh merasa lemas, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi sirsak setiap hari. Hal ini karena sirsak juga dapat membantu meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Buat anda yang belum terjangkit anemia, anda juga dianjurkan untuk meminumnya sebab buah sirsak dapat juga dimanfaatkan untuk mencegah anemia.

10. Mengatasi diare pada bayi

Buah sirsak dapat digunakan untuk mengobati diare pada bayi. Cara penyajiannya adalah dengan mempersiapkan buah sirsak yang masak, peras buah tersebut, lalu ambil airnya dengan menyaringnya terlebih dahulu. Air hasil saringan sirsak tadi diminumkan pada bayi 2 sampai 3 sendok makan.

11. Mengatasi anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah kondisi yang menyebalkan, umumnya terjadi pada laki-laki. Anyang-anyangan bisa diatasi dengan merebus sirsak separuh masak ditambah gula pasir seperlunya dengan dua gelas air, jangan lupa sirsaknya dikupas terlebih dahulu sebelum merebusnya. Sesudah proses merebus selesai, saring kemudian minum airnya.

12. Manfaat buah sirsak untuk mengatasi sakit pada kandung kemih

Sakit pada kandung kemih (vesica urinaria) bisa diatasi dengan buah sirsak. Cara pengolahannya dengan buah sirsak separuh masak, garam seperlunya dan juga gula. Dari semua bahan yang sudah disiapkan tadi, anda campur dijadikan kolak, lalu konsumsi seperti biasanya. Lakukan hal ini secara teratur selama satu minggu.

13. Manfaat buah sirsak untuk penyakit liver

Salah satu masalah kesehatan yang dapat diobati dengan memanfaatkan buah sirsak adalah penyakit liver. Caranya adalah buah sirsak dibuat sebagai jus dan kemudian diminum selama satu minggu berturut-turut. Sepanjang satu minggu itu upayakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang lain terlebih dulu. Semoga dengan langkah tersebut penyakitnya dapat cepat sembuh.

14. Manfaat buah sirsak untuk hipertensi

Tidak cuma daun sirsak saja yang dapat menyembuhkan darah tinggi atau hipertensi. Nyatanya, daging buah sirsak yang rasanya lezat juga mempunyai manfaat yang sama untuk menyembuhkan hipertensi. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, sudah terbukti bahwa daging buah sirsak ini yang dapat menyembuhkan penyakit hipertensi. Hal ini karena, buah sirsak mengandung zat-zat yang dapat mencegah terjadinya hipertensi. Jadi, bila Anda ingin sehat maka konsumsi buah sirsak setiap hari.

15. Manfaat buah sirsak untuk asam urat

Manfaat lain dari buah sirsak yaitu dapat menyembuhkan asam urat. Dengan mengkonsumsi buah sirsak secara teratur, maka badan anda akan terhindar dari penyakit asam urat. Daun sirsak bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan asam urat, hal ini telah sering dilakukan.

Bagaimana caranya?

  1. Siapkan daun sirsak sekitar 10 lembar yang cukup tua namun masih berwarna hijau. Cuci terlebih dahulu kemudian potong daun sirsak itu dengan ukuran kecil-kecil
  2. Selanjutnya rebuslah dengan 2 gelas air bersih. Tunggulah sampai mendidih hingga air yang tersisa cuma satu gelas
  3. Ambil airnya lalu tunggulah sampai dingin baru anda minum. Lakukan dua kali dalam satu hari saat pagi dan malam.

16. Untuk pengobatan eksim

Eksim atau eczema adalah salah satu istilah yang dipakai untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir meliputi semua kelainan kulit misalnya kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang sangat kering.

Daun pada tumbuhan sirsak bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit eksim ini. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena eksim sebanyak dua kali dalam satu hari secara rutin. Hal ini akan membantu anda dalam menyembuhkan dan juga mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim.

17. Manfaat daun sirsak untuk sakit pinggang

Daun sirsak bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan sakit pinggang. Dengan cara :

  1. Siapkan 20 lembar daun sirsak dan 5 gelas air bersih
  2. Rebus daun sirsak tadi dengan memakai air bersih yang sudah disiapkan
  3. Kemudian tunggulah sampai mendidih dan air yang tersisa menjadi 3 gelas
  4. Biarkan sampai dingin kemudian minum ¾ gelas. Lakukan hal ini rutin satu kali dalam satu hari

18. Manfaat daun sirsak untuk menghilangkan kutu

Parasit yang tumbuh di kulit kepala dapat menyebabkan ganguan pada rambut seperti ketombe atau kutu. Ternyata daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat luar untuk mengatasi permasalahan ini. Caranya pun cukup mudah, rebus daun sirsak selama 10 hingga 20 menit. Kemudian anda gunakan air rebusan tersebut untuk keramas seperti biasanya.

19. Mengobati Diabetes

Batas kandungan gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg hingga 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak dipercaya dapat menstabilkan kandungan gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jalan keluar obat herbal diabetes alami.

Cara Penggunaan :

  1. Ambilah 2-5 helai daun sirsak 
  2. Bersihkan dengan air bersih yang mengalir (untuk membuang kuman serta bakteri) 
  3. Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas 
  4. Biarkan mengeringsampai tinggal 1 gelas
  5. Minum secara teratur pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes. Lakukan secara teratur selama 3-4 hari, kemudian periksa kembali kandungan gula darah anda

20. Membantu mengatasi rematik

Daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk nyeri artritis. Umumnya, semakin tua seseorang semakin rentan terkena penyakit rematik. Rasa sakit yang ditimbulkan dari penyakit ini dapat diobati dengan menggunakan daun buah sirsak.

Caranya cukup dengan menghaluskan daun sirsak kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat rematik. Diamkan beberapa menit sampai daun mengering dengan sendirinya. Bersihkan dengan menggunakan lap yang dibahasi air hangat. Lakukan hal ini secara teratur dua kali dalam sehari.

Ternyata banyak sekali manfaat buah sirsak bagi kesehatan dan kecantikan selain juga dijadikan sebagai minuman pelepas dahaga. Menggunakan buah sirsak sebagai pengobatan alami juga mengurangi resiko yang akan timbul karena berbahan dasar alami. Demikian penjelasan mengenai manfaat buah sirsak. Semoga berguna bagi anda.