Parah, Iklan HUT RI di Surabaya Tampilkan Model yang Pamer Paha

Ngelmu.id, SURABAYA – Foto seorang model dibalut kain merah putih terpampang di papan reklame milik sebuah perusahaan keramik. Yang membuat miris, -maaf- model di iklan ucapan Dirgahayu Republik Indonesia itu memperlihatkan pahanya.

Pada Sabtu (12/8/2017) di lokasi iklan di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya, papak iklan berukuran besar itu memperlihatkan seorang model wanita yang dibalut dengan busana warna merah dan putih.

Kedua tangan model terlihat memegang bendera merah putih berukuran kecil. Sayangnya, paha kiri sang model terlihat mengintip. Iklan milik perusahaan Platinum ini pun mendapat reaksi keras dari warga. Mereka menganggap, iklan ucapan untuk memperingati HUT RI ke-72 itu dianggap tidap pantas.

Satpol PP Kota Surabaya bergerak cepat untuk menurunkan reklame HUT RI yang pamer paha. Iklan bergambar wanita berbalut kain merah putih itu dianggap menyalahi estetika.”Secara aturan dan perizinan tidak menyalahi, tetapi menyalahi estetika yang dapat menimbulkan keresahan maupun persepsi negatif,” kata Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto dikutip detikcom, Sabtu (12/8/2017).

Dengan menggunakan satu unit truk skywalker, 4 petugas Satpol PP langsung menurunkan reklame milik perusahaan keramik Platinum yang ada di Jalan Panglima Sudirman dan Baliwerti.Alasan lain penurunan reklame bergambar model seksi itu tambah Irvan, juga mendapat banyak keluhan dari warga dan elemen di Surabaya.

“Kami juga mendapat banyak keluhan dari warga, makanya kita turunkan. Sekali lagi kami tegaskan penurunan reklame karena menyalahi estetika dan kurang enak dipandang itu saja,” pungkas Irvan.

Perusahaan Minta Maaf

Platinum ceramic, pemasang iklan HUT RI dengan model pamer paha meminta maaf atas ketidaknyamanan reklame yang dipasang.

Menurut mereka, pemilihan gambar model seksi sengaja dipilih karena unsur seni bukan maksud lainnya.”Sebenarnya tidak ada maksud apa-apa. Maksud owner hanya seni. Kami mohon maaf,” kata Bagus pegawai divisu marketing Platinum Ceramics.

Bagus menambahkan pemasangan reklame HUT RI dengan model pamer paha sudah terpasang sejak 3 hari lalu, dan rencananya akan dipasang di 15 titik di Surabaya.

Menurutnya, materi reklame serupa baru terpasang di dua titik yakni Panglima Sudirman dan Jalan Baliwerti. “Kalau yang disini terpasang sejak Selasa (8/11) dinihari. Sedangkan di Baliwerti baru semalam dipasang,” imbuh dia.

Adanya penurunan iklan reklame tersebut, Bagus mengaku sudah mendapat perintah dari manajemen akan segera mengganti materi iklan yang tidak menyalahi estetika.”Sekali lagi manajemen meminta maaf dan akan membuat materi iklan yang baru,” pungkas Bagus.