Pemerintah RI Ancam Tutup Media Sosial di Indonesia

Ngelmu.id, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan serius dengan rencana menutup media sosial secara umum jika masih banyak memuat konten-konten negatif.

Dia mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan penyedia media sosial untuk memastikan adanya peningkatan kerja sama dalam hal service level untuk mencegah konten-konten negatif berseliweran di media sosial.

“Tidak hanya komunikasi dan koordinasi, pada minggu ini kami juga mendatangi penyelengara media sosial di luar negeri untuk memastikan adanya kerja sama,” ujar Rudi, dalam Metro Pagi Primetime, Selasa (6/6/2017) kemarin.

Rudi mengatakan bukan niat pemerintah untuk menutup media sosial. Tetapi jika dampak buruknya lebih besar ketimbang manfaat yang diberikan, pemerintah terpaksa akan menutup media sosial. 

Dia pun mengapresiasi fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah mengeluarkan fatwa pemakaian media sosial. Sebab tujuannya memang bukan hendak menutup melainkan bagaimana memanfaatkan media sosial sesuai dengan porsinya.

“Karena media sosial itu contoh asalnya memberi nilai tambah bagaimana bersosial di masyarakat, bukan menghujat atau menyebarkan hoax,”¬†tutupnya.