Pengertian Olahraga : Manfaaat Olahraga

Ngelmu.id – Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kesehatan olahraga adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan. Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Olahraga dapat dimulai sejak usia muda hingga usia lanjut dan dapat dilakukan setiap hari.

Pengertian Olahraga

Dengan majunya dunia teknologi memudahkan semua kegiatan sehingga menyebabkan seseorang menjadi kurang bergerak (hypokinetic), seperti penggunaan remote kontrol, komputer, lift dan tangga berjalan, tanpa dimbangi dengan aktifitas fisik yang akan menimbulkan penyakit akibat kurang gerak. Gaya hidup duduk terus menerus dalam bekerja (sedentary) dan kurang gerak ditambah dengan adanya faktor risiko, berupa merokok, pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit tidak menular, seperti: penyakit jantung, pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kencing manis, berat badan lebih, osteoporosis, kanker usus, depresi dan kecemasan.

Olahraga telah menjadi bagian hidup dari sebagian besar masyarakat Indonesia, baik di kota besar maupun di pelosok pedesaan. Orang yang mempunyai gaya hidup tidak merokok, berolahraga secara teratur, dan melakukan kerja fisik, ternyata berpeluang lima kali lebih tinggi terhindar dari penyakit jantung dan stroke daripada yang bergaya hidup sebaliknya. Faktor kegemukan, kurang gerak, riwayat keluarga terkena penyakit kardiovaskular, serta penyakit diabetes mempunyai risiko terkena penyakit jantung koroner empat kali lebih tinggi dibanding yang tidak menderita diabetes.

Pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) bertujuan agar masyarakat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut menjadi bergerak agar sehat dan bugar. Oleh karena itu kegiatan aktifitas fisik/latihan fisik dan atau olahraga perlu menjadi gerakan masyarakat. Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

  • Definisi Olahraga / Pengertian Olahraga menurut Dewan Eropa adalah Aktivitas Spontan, bebas dan dilakukan dalam waktu luang.
  • Pengertian Olahraga menurut Cholik Mutohir adalah Proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat berupa permainan, pertandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas berdasarkan Dasar Negara dan Pancasila.
  • Pengertian Olahraga Menurut Edward (1973) adalah Olahraga merupakan Aktivitas yang harus dengan spontan dari konsep bermain, games, dan Sport.
  • Pengertian Olahraga Menurut Soekarno adalah alat untuk melaksanakan tiga tujuan Indonesia, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kuat, Masyarakat adil dan makmur, dan tata dunia baru Dengan kata lain Olahraga adalah alat untuk melaksanakan Apera (Amanat Penderitaan Rakyat)
  • Pengertian Olahraga Menurut Suryanto Rukmono adalah Seuatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani atau pun Rohani.
  • Pengertian Olahraga Menurut Seno Gumira Ajidarma adalah Sarana kompetisi untuk menjadi nomor satu
  • Pengertian Olahraga Menurut Jessica Dolland adalah pereda stres yang sangat baik Olahraga dapat mengalihkan fikiran dari kekhawatiran, dengan cara meredakan ketegangan otot tubuh.
  • Pengertian Olahraga Menurut Kathryn Marsden adalah Pengusur Stres terbaik yang pernah ditemukan
  • Pengertian Olahraga Menurut Hans Tandra adalah gerakan tubuh yang berirama dan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran

Olahraga yaitu aktivitas yang betul-betul paling utama untuk melindungi kesehatan seseorang. Berolahraga juga yaitu satu di antara langkah paling utama untuk mereduksi stress. Berolahraga juga yaitu satu perilaku aktif yang menggiatkan metabolisme dan merubah khasiat kelenjar di dalam tubuh untuk membuahkan sistem kekebalan tubuh dalam usaha melindungi tubuh dari permasalahan penyakit serta stress. Oleh karena itu, betul-betul dianjurkan pada masing-masing orang untuk kerjakan kesibukan berolahraga lewat cara teratur dan tersetruktur dengan baik.

Berolahraga sudah jadi sisi hidup dari beberapa orang-orang Indonesia, baik di kota besar ataupun di pelosok pedesaan. Orang yang memiliki pola hidup tidak merokok, olahraga secara teratur, serta lakukan kerja fisik, nyatanya berpeluang lima kali lebih tinggi terlepas dari penyakit jantung serta stroke dari pada yang bergaya hidup demikian sebaliknya. Faktor kegemukan, kurang gerak, kisah keluarga terserang penyakit kardiovaskular, dan penyakit diabetes memiliki resiko terserang penyakit jantung koroner empat kali lebih tinggi di banding yang tidak menanggung derita diabetes.

Secara umum pengertian olahraga yaitu sebagai satu diantara kesibukan fisik ataupun psikis seorang yang bermanfaat untuk melindungi serta tingkatkan kualitas kesehatan seorang sesudah berolahraga. “Olahraga” datang dari bhs Perancis Kuno desport yang berarti “kesenangan”, dan pengertian berbahasa Inggris tertua diketemukan sekitar th. 1300 yaitu “segala hal yang mengasyikkan dan menghibur untuk manusia”. Olahraga yaitu satu di antara sumber paling utama dari hiburan karena itu ada pendukung berolahraga yang biasanya terdiri dari beberapa besar orang serta dapat ditayangkan lebih luas lagi melalui tayangan berolahraga.

Lima Manfaat Olahraga

  • Memperbaiki percayaan diri

Biasanya makin mahir seorang dalam sebuah bentuk kesibukan, keyakinan diri juga bakal bertambah. Bahkan juga sebuah penelitian menunjukkan kalau remaja yang aktif olahraga terasa lebih yakin diri dibanding dengan beberapa rekannya yang tidak lakukan aktivitas sama.

  • Mengurangi resiko stress

Olahraga bisa mengurangi kegelisahan. Bahkan juga lebih jauh lagi, dapat membantu kita mengatur amarah. Latihan aerobik bisa tingkatkan kekuatan jantung serta bikin Anda lebih cepat menangani stres. Kesibukan seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, serta lari adalah langkah paling baik kurangi stres.

  •  Meningkatkan kemampuan sel otak

Latihan fisik yang teratur bisa tingkatkan konsentrasi, kreatifitas, serta kesehatan mental. Lantaran berolahraga dapat tingkatkan jumlah oksigen dalam darah serta mempercepat aliran darah menuju otak. Beberapa pakar yakin kalau beberapa hal ini bisa mendorong reaksi fisik serta mental yang tambah baik.

  • Bantu tunda proses penuaan dini

Penelitian menunjukkan kalau latihan simpel seperti jalan kaki secara teratur bisa bantu kurangi penurunan mental pada wanita diatas 65 th.. Makin kerap serta lama mereka mengerjakannya makan penurunan mental semakin lambat. Beritanya, beberapa orang rasakan khasiat kesibukan itu sesudah sembilan minggu mengerjakannya secara teratur tiga kali satu minggu. Latihan ini tidak mesti dikerjakan dalam intensitas tinggi. Cukup berbentuk jalan kaki di kurang lebih tempat tinggal.

  • Menambah ketahanan badan

Bila kita suka lakukan berolahraga walau tidak sangat lama tetapi kerap dengan enjoy mengerjakannya, kesibukan itu dapat tingkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, serta endorfin. Hormon ini bertindak dalam tingkatkan ketahanan tubuh. Studi yang dikerjakan di Inggris memerlihatkan kalau 83 % orang yang mempunyai ganguan mental memercayakan berolahraga untuk tingkatkan mood serta kurangi kegelisahan. Untuk orang yang menanggung derita depresi enteng serta tengah, berolahraga sekurang-kurangnya 16 minggu dapat menyebabkan dampak yang sama juga dengan menelan obat antidepresi seperti Zoloft serta Prozac. Satu riset temukan kalau 60 % orang depresi yang lakukan berolahraga sepanjang empat bln. dengan frekwensi tiga kali satu minggu serta tiap latihan sepanjang 30 menit dapat menangani tanda-tanda ini tanpa obat. Walau termasuk langkah yang manjur tetapi bukanlah memiliki arti penyembuhan dapat langsung dihentikan, terlebih untuk yang alami depresi berat.

Manfaat olahraga untuk tubuh manusia bisa bantu membuat perlindungan dari penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, osteoporosis, nyeri punggung, serta bisa tingkatkan situasi hati serta kurangi stress tidak hanya dari khasiat yang sudah di katakan diatas, berolahraga dapat juga membuat otot- otot yang ada didalam tubuh manusia baik yang inginkan bentuk tubuh yang berotot dapat juga melindungi stamina tubuh supaya senantiasa fit.

Supaya manfaat yang diraih lebih optimal, beberapa pakar mereferensikan untuk melakukan 20 hingga 30 menit kesibukan aerobik tiga kali atau lebih dalam satu minggu dan beragam kegiatan olahraga yang lain untuk memperkuat otot serta peregangan sekurang-kurangnya 2 x satu minggu. Tetapi, bila tidak dapat lakukan kegiatan olahraga sehari sekali dapat menggantinya dengan lakukan kegiatan sesehari dengan mengumpulkan 30 menit atau lebih dengan melakukan kegiatan mengepel.