PKS Sumbang Rp3,8 Miliar untuk Rohingya

Direktur Crisis Center for Rohingya (CC4R) Partai Keadilan Sejahtera Sukamta mengatakan partainya mengumpulkan dana Rp3,8 miliar untuk disalurkan kepada etnis muslim Rohingya, korban kekerasan pemerintah Myanmar. Dana ini berasal dari sumbangan kader dan simpatisan PKS di seluruh Indonesia.

PKS menyalurkan dana itu melalui lembaga Dompet Dhuafa dan PKPU. “PKS tidak mengelola dana itu,” kata Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini di tengah Aksi Bela Rohingya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu, 16 September 2017.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo, menuturkan dalam Aksi Bela Rohingya hari ini akan digelar juga aksi penggalangan dana. “Jadi kami bantu pemerintah juga,” ucapnya.

Sebelumnya, Fraksi PKS di DPR RI meminta anggotanya menyisihkan sebagian gajinya untuk disalurkan ke pengungsi Rohingya. Dari seluruh anggota fraksi PKS, dana yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp250 juta.

Pemerintah Indonesia juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaannya untuk etnis Rohingya yang mengungsi ke Bangladesh. Bantuan yang dikirimkan meliputi beras, makanan siap saji, tanki air, tenda pengungsi serta selimut.

PKS, kata Sukamta, mengapresiasi bantuan pemerintah Indonesia itu. Namun ia meminta pemerintah bisa lebih menekan pemerintah Myanmar dan dunia internasional agar mau menghentikan genosida terhadap etnis Rohingya.
https://nasional.tempo.co/read/news/2017/09/16/078909635/pks-sumbang-rp3-8-miliar-untuk-rohingya