PM TURKI: Kudeta Berhasil Digagalkan

Ngelmu.com – Perdana Menteri Turki Binali Yildirim  mengatakan bahwa kudeta yang telah dilancarkan sejumlah perwira militer berhasil digagalkan.

Binali Yildirim mengatakan situasi di Turki “sebagian besar di bawah kendali”, setelah faksi militer mencoba untuk menggulingkan pemerintah.

“Sebagian besar sudah berada di bawah kendali pemerintah pusat”, kata Binali Yildirim Sabtu dini hari, 16 Juli 2016,  saat memberi komentar kepada media Turki.

Pada Jumat, 15 Juli 2016, sebagian faksi dari tentara resmi menyatakan mengambil alih kekuasaan dan menerapkan darurat militer.

“Kami telah mengambil alih negara”, menurut pesan yang disebarkan pelaku kudeta sambil berupaya menutup bandara utama di Istanbul dan menerbangkan sejumlah jet tempur sehingga terlihat di langit.

Badan intelijen Turki  MIT juga rencananya menjadi target kudeta oleh sekelompok pasukan yang telah membajak sebuah helikopter. Tapi upaya kudeta itu “digagalkan” seperti yang disampaikan juru bicara MIT kepada stasiun televisi NTV.

Yildirim juga mengatakan melalui stasiun televisi NTV bahwa zona larangan terbang telah diberlakukan di atas ibu kota, Ankara.

penyiar NTV juga melaporkan bahwa hampir 50 tentara telah ditangkap.

(Sumber Aljazeera dan sejumlah Kantor Berita)