Rivalitas Duo Manchester dan Kekuatan Finansial

www.espnfc.com

Ngelmu.com, Depok – Derby Manchester antara United dan City akan tersaji di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/9) malam. Musim ini pertandingan dua klub asal Manchester itu akan semakin menarik dengan hadirnya pemain-pemain bintang baru dari kedua kubu.
Selain gerombolan pemain berharga mahal akan menyemarakan derby ke 172 ini, tidak lupa saya sematkan dua pelatih yang sudah sejak lama menjadi seteru abadi di dunia si kulit bundar, Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

Kedua pelatih akan saling bunuh untuk pertama kalinya di Liga Premier Inggris musim ini. Mou yang kembali melatih setelah sempat di pecat Chelsea pada awal musim lalu, kini ia menangani Manchester United. Sedangkan Pep musim ini mencoba tantangan baru, dengan menangani Manchester City. Sejatinya kedua pelatih sudah hampir bertemu di ajang pramusim bulan lalu di China, namun karena kendala cuaca, pertandingan pun terpakasa batal digelar.

Kekuatan kedua klub pun musim ini semakin menakutkan. Di tiga laga awal, kini United dan City bertengger di posisi teratas klasemen, mereka hanya di bedakan oleh agresifitas gol. Pemain-pemain baru pun berdatangan ke dalam skuat Mou dan Pep. Nama-nama besar seperti Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic akan mengancam pertahanan John Stones dan Claudio Bravo. Mereka adalah rekrutan anyar kedua tim yang dipastikan akan berlaga dua hari lagi.

www.ftb90.com

Rivalitas Dua Manchester dan Kekuatan Finansial

Jika di Italia ada duel tim sekota antara, Inter Milan dan AC Milan yang di sebut Della Madonnina, di Spanyol ada Atletico Madrid dan Real Madrid dengan Derby Madridnya. Seakan tak mau kalah, Inggris pun punya derby kelas wahid yang setiap tahunnya selalu menyita banyak pasang mata untuk menyasikan pertandingan besar tersebut.

Derby Manchester yang mempertemukan dua tim sekota antara Manchester United dan Manchester City ini pun untuk pertama kalinya di gelar 12 November 1881. Kala itu kedua klub masih bernama West Gorton (City), dan Newton Health (United) bertemu di kandang United yang mana masih memakai stadion Maine Road, Maine Road adalah kandang sementara United menggantikan Old Trafford yang hancur lebur terkena bom perang dunia kedua.

Untuk urusan prestasi, memang “The Reds Devils” jauh lebih unggul ketimbang “The Citizens”. Dari 171 pertandingan, United sudah mengantongi 71 kemenangan sedangkan City hanya mampu menang 49 kali dan 51 sisannya imbang.

Jika berbicara perkembangan pesat kedua tim dalam meramu kekuatan tim. Di era modern ini Manchester City terlihat sangat berkembang pesat. Sejak diakusisi beberapa pengusaha kaya asal Asia dan Timur tengah, City sangatlah kuat dalam segi finansial klub.

Teritung di era tahun dua ribuan, City sudah dipegang dua pengusaha asal  Thailand, Thaksin Shinawatra tahun 2007 danselang setahun diambil oleh pengusaha asal Uni Emirate Arab, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan. Dan  semenjak dipegang oleh raja minyak asal timur tengah ini, City berubah menjadi kekuatan besar Liga Premier bahkan dunia.

Dana melimpah berhasil membuat kekuatan City berubah menjadi raksasa penantang serius dominasi big four, United, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Benar saja hanya selang empat tahun sejak di pegang Sheikh Mansour, Manchester biru berhasil menjadi juara untuk pertama kalinya sejak 40 tahun terakhir.

Pemain-pemain bintang pun silih berganti memasuki Etihad Stadium kandang Manchester City, hasilnya mereka mencatatkan kemenangan terbesar melawan Manchester United sepanjang sejarah klub, dengan skor 1-6 pada tahun 2012 lalu di Old Trafford.

Kita tinggalkan sejenak Manchester City dengan kekayaan barunya itu, kini kita beralih ke tetangganya yakni Manchester United. Jika berbicara MU, tentunya ini adalah klub besar yang sudah lama melalang buana di kancah pesepakbolaan dunia. Sejumlah prestasi pun diraih klub yang dimiliki oleh pengusaha asal Amerika Serikat, mendiang Malcolm Glazer.

Namun semenjak Glazer meninggal dunia pada tahun 2014 lalu. Kini segala kebijakan transfer klub diputuskan oleh wakil presiden klub, Ed Wodward. Ed yang menggantikan peran Glazer, terbilang sukses mendaratkan sejumlah pemain bntang ke Old Trafford beberapa musim ini.
Akan tetapi kebijakan Ed ini sedikit melunturkan tradisi United yang banyak mengandalkan pemain jebolan akademi. Pengorbitan pemain akademi sebenarnya masih berjalan sejak MU masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson. Namun seperti anak kehilangan induknya, Setan Merah seakan kehilangan mental juaranya. Mungkin sepeninggal Fergusonlah menjadi faktor terbesar Ed Wodward sedikit meninggalkan tradisi itu.

Nama-nama bintang dari Angel Di Maria hinga kini Zlatan Ibrahimovic dan Paul Pogba sudah memperkuat United. Di era modern seperti ini memang kekuatan finansial seakan lebih banyak berbicara ketimbang cara-cara lama yang kerap diterapkan manajamen klub-klub besar.

Total kedua klub asal Manchester ini menjadi klub kaya raya dengan pendapatan 410 juta Euro, dengan dana yang dimiliki United 286 juta Euro dan City 125 juta Euro. Khusus untuk United, kini mereka menduduki peringkat ke-3 dengan kekayaan mencapai 44,3 triliun dibawah Real Madrid diperingkat 1 dan Barcelona di peringkat 2 menurut majalah Forbes.

Sedangkan Manchester biru berada di posisi ke-6, peringkat City memang naik drastis semenjak di akuisisi oleh Sheikh Mansour. Di enam tahun terakhir saja pundi-pundi uang mereka semakin melambung, hal itu dikarenakan hak siar dan deretan sponsor berlomba-lomba menggelontorkan uangnya untuk City.

Kesimpulan 

Di pertemuan mereka selanjutnya Sabtu nanti, Old Trafford akan pertama kali menjamu City pada musim 2016/17. Posisi kedua tim di klasemen pun hanya dipisahkan oleh agresifitas gol. Dari segi memasukan bola ke gawang lawan, memang City sedikit lebih unggul dari United dengan torehan 9 gol dari 3 pertandingan.

Namun untuk pendukung United tidak perlu sedih, meskipun baru menghasilkan 6 gol. Bomber United, Ibrahimovic sedang dalam performa puncak, setelah dalam dua laga awal berhasil melesatkan tiga gol dalam tiga pertandingan.