Selebrasi Fenomenal Dari Masa ke Masa

Ngelmu.com, Depok – Daya tarik dari pertandingan sepakbola tetunya ialah aksi-aksi para jagoan lapangan hijau dalam mengolah si kulit bundar di dalam lapangan berukuran 110 meter itu. Akan tetapi di era modern sekarang, tentu banyak unsur-unsur di dalam sepakbola, sehingga membuat olahraga paling banyak diminati ini semakin menarik untuk di simak.

Unsur nama besar sebuah klub, pemain bintang, dan pelatih-pelatih top juga ikut menyemarakan olahraga 11 lawan 11 yang pertama kali berasal dari Inggris ini pada tahun 1863 itu. Akan tetapi selain unsur-unsur yang saya sebutkan diatas, ada lagi faktor yang bisa dibilang adalah bumbu dari sengitnya laga yang bergulir selama 2×45 menit itu.

Bumbu-bumbu penyegar itu timbul ketika pemain usai mencetak gol ke gawang lawan, yapp perayaan seusai mencetak gol atau selebrasi para pemain menjadi tontonan yang cukup menarik untuk disimak dalam setiap pertandingan sepakbola ya sobat. Dan kami akan menyajikan 5 selebrasi fenomenal yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

www.caughtoffside.com

1.Dab Dance

Tentu kalian familiar dengan selebrasi ala Paul Pogba ini. Ya selebrasi yang disebut Dab Dance ini pertama kali dipopulerkan di dunia olahraga oleh klub American Football, kala Cincinnati Bengals berhadapan dengan Oakland Riders 13 September 2015 lalu.

Sejak dari situ fenomena tarian yang konon berasal dari tarian Hip-Hop Amerika Serikat itu mulai mewabah di dunia sepakbola. Dan salah satu pencetus tarian itu adalah pemain yang saat ini mengklaim sebagai pemain termahal dunia Paul Pogba.

Pogba sendiri memamerkan selebrasi khasnya itu saat masih memperkuat Juventus. Kepopuleran ‘Dab’ Pogba mulai terlihat kala Juventus melumat Chievo Verona tahun lalu. Meski saat itu yang mencetak salah satu gol adalah Paulo Dybala, namun aksi Dab Dance itu dicetuskan oleh Pogba yang mengajak rekan satu timnya itu untuk melakukan selebrasi dengan mengangkat satu tangan hingga menutupi muka, sedangkan tangan satunya diangkat ke atas.

Meski begitu, dengan berjalannya waktu, aksi Dab Dance tidak hanya dilakukan oleh Pogba dan Dybala di Juventus saja. Jese Lindgard di Manchester United juga melakukan hal yang sama. Dan dengan kepindahan Pogba ke United tampaknya mereka akan melakukan hal itu bersama-sama.

www.goal.com

2.Gaya Menelpon 

Satu lagi selebrasi yang menjadi fenomenal ketika perhelatan Piala Eropa 2016 lalu di Perancis. Antoine Griezman adalah pelaku selebrasi unik yang terjadi di ajang negara-negara Eropa itu. Griezman melakukan selebrasi seolah-olah sedang menelpon, akan tetapi Grizi melakukannya sambil sedikit melakukan goyangan pada kepala dan tangannya. Sehingga semakin membuat unik aksi perayaan gol topskor Piala Eropa 2016 itu.

Pemain Atletico Madrid itu mengakui dirinya mendapat inspirasi aksi selebrasinya itu ketika melihat video salah seorang rapper asal Kanada, Drake. Griezman menyatakannya lewat akun sosial media twitter miliknya. Saat itu pria 25 tahun mengunggah video Drake yang berjudul Hotline Bling yang sudah di edit dengan gambar drinya, memperlihatkan tarian khas Griezman yang juga ia lakukan diatas lapangan hijau.

www.dailymail.co.uk

3.Do The Sturridge Dance

Jika kalian penggemar Liverpool atau kalian sering menyaksikan aksi-aksi pemain Liverpool Daniel Sturridge ketika mencetak gol. Pastinya kalian akan sedikit tersenyum melihat selebrasi unik pemain asal Inggris itu. Namun sayang, belakangan ini kita jarang menyaksikan aksi Sturridge melakukan tarian unik itu lagi karena ia kini tak seproduktif beberapa tahun silam.

Namun Sturridge mempunyai alasan tersendiri kenapa ia melakukan selebrasi unik itu. Ia mengungkapkan jika dirinya sebelumnya melakukan selebrasi mengangkat jerseynya ke atas kepala pasti akan berbuah kartu kuning, dan karena itulah ia mengganti perayaan golnya itu dengan tarian unik ini, seperti yang dilansir BBC sport.

Sturridge sedniri tidak menyangka jika tariannya itu akan se populer ini. hal itu diutarakannya. Ia beranggapan jika hal itu ia lakukan hanya semata-mata iseng belaka, akan tetapi ia tidak menyangka tariannya itu bisa menggemparkan khalayak luas. Dan ia menyatakan akan tetap mempertahankan tariannya itu bahkan akan melakukannya lebih baik lagi.

www.viva.co.id

4.Selebrasi Nyentrik Kiper Kongo

Masih ingatkah kalian dengan selebrasi nyentrik dari pemain benua Afrika ini. ia adalah seorang kiper dari Timnas Kongo, Robert Kaidiba. Mungkin tidak banyak yang mengetahui nama dari pemain asal klub lokal Kongo,TB Mazembe ini. Kaidiba seringkali melakuka selebrasi unik dan terkesan nyentrik.

 Ia melakukan selebrasi dengan cara menari, akan tetapi tarian yang ia lakukan bukanlah tarian yang seperti orang-orang sering lakukan. Pada 2013 lalu saat Kaidiba membela negaranya dalam ajang Piala Afrika. Hal itu terlihat ketika timnya berhasil unggul lebih dulu lewat gol Dieumerci Mbokani lewat titik penalti ke gawang Ghana.

Pada saat yang sama Kaidiba melakukan selebrasi tarian dengan melompat-lompat sambil duduk. Sontak aksinya itupun mengundang banyak perhatian penonton yang saat itu menyaksikan laga Kongo melawan Ghana. Aksinya itupun menjadi salah satu selebrasi unik yang pernah ada di jagad sepakbola saat ini.

superbet888.com

5.Tarian Perut Roger Mila

Terakhir ini merupakan selebrasi salah satu pemain legenda asal benua Afrika yang pernah menjadi predikat pemain tertua di ajang Piala Dunia 1990 Italia. Roger Mila ia merupakan fenomenal di ajang sepakbola dunia. Mila menjadi pemain tertua yang pernah berlaga di Piala Dunia 1990.

Kala itu ia berhasil membawa negaranya Kamerun menempati capaian luar biasa, dengan menembus babak perempat final yan hingga saat ini belum bisa di samai oleh negara Afrika lainnya. Tetapi ada yang lebih fenomenal selain suksesnya Kamerun melaju ke perempat final. Mila juga menjadi pusat perhatian, ketika dirinya melakukan selebrasi tarian perut usai mencetak gol ke gawang Argentina.

Dari sejak itulah tarian Mila menjadi sangat terkenal hingga sekrang. Mungkin tarian Mila terkenal berkat kerja kerasnya membawa Kamerun melaju hingga perempat final usai mengalahkan Argentina. Ditambah usia yang terbilang tua juga menjadi faktor tarian Mila yang penuh dengan kegembiraan dan semangat bermain.