Pentingnya Shalat Tahajud Bagi Kita

Ngelmu.com, Depok – Secara garis besar keutamaan shalat merupakan sebuah kewajiban paling mendasar bagi seluruh umat islam di dunia. Shalat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu shalat fardhu atau shalat wajib dan shalat sunnah. Shalat fardhu atau shalat wajib berjumlah lima waktu yaitu saat Shubuh (menjelang fajar), Dhuhur (Tengah hari), Ashar (Menjelang sore), Mahgrib dan terakhir Isya’. Lalu kemudian shalat sunnah, shalat sunnah merupakan shalat yang tidak wajib dikerjakan namun akan berpahala bila di kerjakan. Shalat sunnah sangatlah bermacam-macam, sebut saja salah satunya shalat Tahajud.

Shalat Sunnah Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika sepertiga malam artinya malam hari setelah bangun tidur dengan jumlah raka’at pengerjaannya minimal 2 raka’at dengan tata cara 2 raka’at 1 salam, tidak ada batasan maksimal dari pengerjaan shalat sunnah ini. Karena waktu pengerjaan shalat sunnah tahajud dimulai setelah Isya hingga menjelang masuk waktu Shubuh. 

Menurut beberapa ulama, waktu terbaik bagi Anda yang hendak mengerjakan shalat sunnah Tahajud adalah sekitar pukul 01.00 pagi sampai pukul 03.00. Meskipun hanya dikerjakan di tengah-tengah malam namun ternyata shalat sunnah ini mempunyai keutamaan yang sangat banyak apabila Anda sering mengerjakannya.

Hukum Sholat Tahajud

Hukum mengerjakan sholat tahajud adalah sunnah. Meskipun sunnah melaksanakan sholat tahajud bukan seperti sunnah biasa. Sholat tahajud hukumnya sunnah muakkad (sangat disunnahkan atau sangat dianjurkan).
Definisi lain yang sobat ngelmu ketahui adalah sunnah muakkad ialah sunnah yang tak pernah lepas ataupun lupa oleh Rasulullah SAW, atau, sunnah yang jarang sekali ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Bentuk sholat sunnah muakkad yang lain adalah sholat dhuha dan sholat tarawih.

Niat Sahalat Sunnah Tahajud

Inilah doa niat shalat tahajud yang dapat Anda dapat lafadzkan baik itu secara lisan maupun dalam hati, biar khusyuk Anda diucapkan dalam hati. Niat melaksanakan shalat sunnah tahaud ini dilafadzkan sebelum takbiratul ikhram.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Manfaat Shalat Sunnah Tahajud

Shalat Sunnah Tahajud juga mempunyai manfaat atau khasiat yang besar apabila Anda bisa menunaikannya setiap malam. Dalil yang bersumber dari Al Qur’an dan hadist meneyebutkan manfaat yang terkandung dalam shalat ssunnah Tahajud ini seperti: menghapus dosa hamba Allah yang bertaubat, membuka rezeki, mengabulkan doa Hamba Nya dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah manfaat menunuaikan Shalat Sunnah Tahajud yang Anda perlu ketahui.

A. Do’a Kita Terkabulkan

Anda sedang memiliki masalah, doa yang Anda selama ini panjatkan merasa belum dikabulkan Allah. Anda jangan berkecil hati ataupun Allah sudah tidak menyayangi Anda, bisa saja Anda belum mengetahui kapan Allah akan mengabulkan do’a Anda. Dengan menunaikan Shalat Sunnah Tahajud di malam hari, Anda tentu akan merasakan manfaatnya. Waktu yang paling disarankan adalah shalat tahajud yang dikerjakan pada sepertiga malam sampai menjelang memasuki waktu shalat subuh. Di waktu inilah Allah SWT mengabulkan do’a para hambaNya.

B. Mengangkat Derajat Hamba Nya

Dengan sering melaksanakan shalat sunnah Tahajud, Allah SWT akan mengangkat derajat Hamba Nya ke tempat yang lebih terpuji. Hal ini tertulis dalam Surat Al-Isra’ ayat 79:
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra [17]: 79).

Selain dari Al Qur’an, Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abi Darda r.a juga memberikan keterangan tentang janji Allah SWT untuk mengangkat derajat HambaNya ke tempat yang lebih terpuji.

“Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.” (Riwayat Ath-Thabrani).

C. Media untuk Mendekatkan diri Kepada Allah

Anda merasakan diri Anda sebagai Insan yang tidak kekal dan lemah ini menjauh dari sang pencipta? Shalat sunnah Tahajud dapat dijadikan sebagai media atau alat untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Hadist yang memberi keterangan ini adalah: 

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).
Dalam riwayat yang lain, dikatakan bahwa Jibril pernah berkata kepada Rasulullah Saw:

“Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain”. (Silsilah Al-Hadis Ash-Shahihah).

D. Mendapatkan Berbagai Kemuliaan

Berbicara akan manfaat shalat sunnah Tahajud salah satunya Anda akan mendapatkan berbagai kemuliaan. Berdasarkan sebuah hadis Rasulullah SAW, yang berbunyi:

“Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Lima macam kemuliaan di dunia yang Allah SWT berikan bagi hambaNya yang sering melaksanakan ibadah Shalat Sunnah Tahajud adalah Allah SWT memelihara hambaNya dari segala macam marabahaya, bukti ketaatannya akan terlihat berseri di wajahnya, mendapatkan cinta dari para hamba Allah SWT yang shaleh dan shalehah, lidahnya dapat mengucapkan kalimat-kalimat yang memiliki hikmah dan dijadikan sebagai orang yang bijaksana, yang memiliki pemahaman dalam beragama

E. Kekebalan Tubuh Meningkat

Percaya atau tidak, Shalat sunnah tahajud juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Tak banyak orang yang menyadari bahwa ketaatan Anda mengerjakan aktifitas kerohanian seperti beribadah shalat seperti shalat tahajud akan memberikan pengaruh pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Lanjut lagi beliau juga mengatakan bahwa di saat yang bersamaan ketika kekebalan tubuh sudah meningkat, otomatis segala penyakit yang menyerah akan musnah dengan sendirinya.

F. Menang saat Berjihad Melawan Musuh

Kita menyadari bahwa didalam hidup ini, musuh terbesar yang kita patut hadapi adalah hawa nafsu. Menunaikan shalat sunnag tahajud terara berat untuk sebagian orang karena persoalan waktu pengerjaannya di jam-jam ketika kita sedang tertidur pulas. Godaan nafsu untuk melanjutkan tidur pastinya sangat besar di waktu tersebut. Maka dari itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat sunnah tahajud dapat diartikan telah berhasil melawan godaan dalam dirinya demi beribadah kepada Allah SWT.

G. Mencegah Perbuatan Dosa dan Kejahatan

Dengan menunaikan shalat sunnah tahajud, maka Anda akan terhindar dari perbuatan yang akan merugikan Anda. Seperti Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al Bahli r.a yang berbunyi:

“Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

H. Wajah Nampak Berseri dan Bercahaya

Al kisah Hasan Al-Basri r.a ditanya oleh seseorang, “Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?”. Hasan Basri menjawab: “Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Terkait ini, al Imam Ibnul Qayyim berkata:

“Sesungguhnya sholat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan sholat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, ‘Sholat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus”.

I. Penyelamat Anda dari Siksa Neraka

Ibnu Umar r.a pernah meriwayatkan bahwa pada masa Rasulullah SAW, ketika seseorang bermimpi, ia akan menceritakan mimpi tersebut ke Rasulullah SAW. Aku pun berharap mendapat mimpi yang dapat kuceritakan kepada Rasulullah SAW. Dia berkata:

“Aku adalah seorang anak muda perjaka. Aku tidur di masjid pada Rasululullah Saw, maka aku bermimpi seakan-akan dua malaikat mengambilku dan membawaku ke neraka, ternyata ia adalah bangunan seperti bangunan sumur. Ia memiliki dua palang seperti palang sumur. Di dalamnya terdapat manusia yang telah aku kenal. Maka aku mulai mengucapkan, ‘Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka’. Kemudian seorang malaikat menemui keduanya, maka dia berkata kepadaku, ‘Janganlah takut!’ (Mimpi ini) aku ceritakan kepada Hafshah, maka Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah dan beliau bersabda, “Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah, andaikata dia mengerjakan sholat pada waktu malam.” Salim berkata, ‘setelah itu Abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali hanya sebentar.” (HR Bukhari dan Muslim).

J. Husnul Khotimah

Seorang Hamba yang sering menunaikan shalat tahajud akan meraih husnul khatimah saat ajal menghampiri dirinya.
 
كُلُّ نَفۡسٍ۬ ذَآٮِٕقَةُ ٱلۡمَوۡتِۖ ثُمَّ إِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ
 
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (QS. Al Ankabut : 57)

كُلُّ نَفۡسٍ۬ ذَآٮِٕقَةُ ٱلۡمَوۡتِۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوۡنَ أُجُورَڪُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَـٰمَةِۖ فَمَن زُحۡزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدۡخِلَ ٱلۡجَنَّةَ فَقَدۡ فَازَۗ وَمَا ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَآ إِلَّا مَتَـٰعُ ٱلۡغُرُورِ
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS Ali Imran : 185).
Tidak ada satu makhluk pun yang kuasa menangguhkan datangnya kematian, walau hanya sedetik, karena takdir kematian adalah hak mutlak Allah SWT. Setiap manusia, sesungguhnya selalu diburu kematian. Jaraknya pun semakin dekat dari waktu ke waktu.
Seperti yang dilansir oleh kisahhikmah.com tentang pemuda ahli tahajud yang jenazahnya tetap segar seperti orang yang masih hidup. Seorang pemuda berusia 17 tahun dilarikan ke Rumah sakit militer di Riyadh. Sebuah peluru nyasar mengenai tubuhnya.
jenazah pemuda tersebut tetap segar. Terlihat segar bugar. Seperti orang yang sedang beristirahat dengan nyenyak.

Dokter spesialis bedah itu penasaran. Ia pun menemui orang tua si pemuda dan menanyakan amal apa yang dilakukan oleh putra mereka sehingga ia bisa membaca syahadat di akhir hayatnya, bertasyahud dan jasadnya tetap segar bugar.

“Anak kami,” kata orang tuanya kepada dokter Kholid, “sejak memasuki usia akil baligh, dialah yang selalu membangunkan kami untuk shalat Subuh. Ia sangat rajin qiyamullail dan membaca Al Qur’an. Selalu berupaya menunaikan shalat jama’ah di masjid…”


Semoga setelah membaca tentang Tahajud dan kemuliaan shalat sunnah Tahajud ini dapat menjadikan motivasi agar Anda semakin rajin beribadah Shalat Tahajud.