Si Kulit Bundar Negeri Bollywood



Ngelmu.com, Jakarta – Tentunya banyak opsi untuk para pemain atau mantan pemain sepak bola untuk melanjutkan karir sepak bolanya meski sudah berakhir masa ke emasanya bahkan yang sudah memutuskan pensiun. Pilihan seperti menjadi pelatih, pengusaha, ataupun memilih melanjutkan karir di Liga yang kurang diminati kebanyakan pemain top Eropa.

Akan tetapi akhir-akhir ini Netizen di kagetkan dengan keputusan sejumlah pemain dan mantan pemain top bermain di Liga Futsal India. Dan kali ini Ngelmu.com akan membahas lebih mendalam tentang beberapa pemain yang pernah berlaga di Liga top Eropa yang beralih ke lapangan futsal di India?

Singkat Futsal India

Jika di lapangan hijau publik di gemparkan dengan keberanian China untuk memperkenalkan Liga Domestiknya, dengan mendatangkan para pemain bintang yang masih aktif. Berbeda dengan di ranah futsal India. India yang secara mengejutkan merekrut mantan pemain top sekelas Luis Figo guna menjadi, Presiden Federasi Asociation Futsal India (FAII).

Pastinya kebanyakan orang tidak akan menduga India yang negaranya lebih di kenal dengan film Bollywoodnya kini memiliki Liga futsal yang bisa di bilang menjanjikan, paling tidak mengundang jutaan pasang mata untuk menontonnya.

Darah Kental Seniman Lapangan

Nama-nama yang tentu sudah tidak asing di dunia sepak bola seperti, Ryan Giggs, Paul Scholes, Hernan Crespo, Ronaldinho memutuskan bergabung di klub-klub futsal India, yang lebih dikenal dengan Premier Futsal India. Meski sebagian para pemain di atas sudah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola, tidak melunturkan skill-skill apik di atas lapangan, meski bukan lagi beralaskan rumput.

Dengan berbagai alasan para pemain legendaris ini memilih bermain futsal profesional di India. Semisal Giggs yang memutuskan untuk meninggalkan Manchester United (MU), setelah lama memperkuat MU sebagai pemain dan asisten pelatih, seperti yang dilansir Daily Mirror.

Legenda Setan Merah memutuskan meninggalkan klub yang membesarkan namanya itu, setelah dirinya tidak diberi kesempatan menjadi pelatih kepala oleh manjemen MU, dan dirinya juga dikabarkan menolak jika menjadi asisten pelatih, terlebih menjadi asisten Jose Mourinho salah satu alasan kuat dirinya memilih Futsal India.

Cerita yang hampir sama terjadi dengan Hernan Crespo. Sempat melatih klub divisi dua Italia, Modena. Crespo di pecat pihak menajemen dan melanjutkan karir di India.

Penuhi Waktu Luang


www.tianggawang.com

Meski begitu, Liga Primer Futsal India pada dasarnya hanya sebagai ajang memenuhi waktu luang para pensiunan sepak bola ini. Alasan terkuat adalah, hengkangnya Ronaldinho setelah berhasil mencetak lima gol ketika memperkuat Goa. Ronaldinho di rekrut Goa dengan status Marquee player, alhasil Ronaldinho mendapat bayaran selangit.

Juga Giggs, namun kali ini capaiannya berhasil memenuhi ekspektasi publik India khususnya. Setelah berhasil membawa tim Bengaluru menjuarai Primer Futsal India lewat ajang tos-tosan kontra Chenai yang diperkuat legenda Madrid, Michel Salgado.

Giggs memutuskan hengkang, setelah dikabarkan akan melatih klub divisi Championship Liga Inggris.
akan tetapi co-founder primer futsal, Nithyashree Subban, berambisi untuk mempertahankan gelaran futsal dan meningkatkan futsal di India. “Sebagai manajemen Premier Futsal, kami berkomitmen meningkatkan futsal di India dan kami akan membesarkan liga ini di kota lain untuk masa depan,” ujar Subban.

Disamping pemain top sepak bola. Ada juga pemain futsal seperti Falcao. Falcao yang dijuluki master futsal, memutuskan untuk bergabung dengan Primer Futsal.

Tetapi timbul pertanyaan besar di publik. Apakah dengan bermunculan sejumlah mantan pemain bintang di Liga futsal India, akan berlanjut di dunia lapangan hijau India juga seperti halnya di China? Nampaknya akan menarik untuk ditunggu juga ya sahabat Ngelmu.