Soetrisno Bachir: Dana Ke Amien Rais Itu Dana Pribadi Saya

 Tuduhan yang disematkan dan merusak nama baik Amien Rais memicu reaksi sejumlah pihak termasuk disampaikan oleh mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Soetrisno Bachir.

Aliran dana itu memang ada, tapi nanti dulu, ternyata dana tersebut adalah dana pribadi politisi yang akrab disapa SB itu.

“Ini bulan puasa, jadi jangan sampai membuat kita suasananya marah, malah kalau dipancing marah saja, kita harus bilang saya sedang berpuasa,” kata SB di Jakarta, Sabtu (3/6/2017).

SB menjelaskan bahwa mengenai sekarang yang sedang berkembang, itu sebetulnya sudah ada proses di pengadilan dengan tsk adalah Siti Fadhilah Supari.

“Kemudian, yang disebut Soetrisno Bachir Foundation (SBF) yang ketuanya saudari Nuki dan sekretarisnya saudari Yuridiah, yang kebetulan merupakan saudara istri saya,” katanya.

Mereka yang disebutkan itu, kata SB, sudah menjadi saksi juga dan sudah dijelaskan di sana.

“Mengenai dana masuk ke SBF itu, yang sebetulnya bukan SBF, masuknya ke rekening Ibu Yuri itu karena SBF itu bukan yayasan, tapi hanya nama saja (pakai foundation),” kata SB.

Menurut SB, kalau dia melakukan kegiatan-kegiatan untuk membantu yatim piatu, membantu daerah banjir, itu menggunakan nama SBF itu, ada kertasnya segala meski tidak berbadan hukum.

“Lha apa-apa yang keluar dari situ kalau belanja sembako atau memberi bantuan sarung dan lain-lain dilakukan melalui Ibu Yuri atau Ibu Nuki itu,” katanya.

Demikian juga, kata SB, waktu dia membantu Amien Rais itu dari dulu tahun 85-an itu juga dia lakukan.

“Nah, itu artinya Pak Amien mendapat aliran dana atau bantuan dari saya. Saya ini kan swasta, yang melalui Ibu Yuri itu, saya bukan pemerintah kan, tahun 2007 itu,” kata politisi yang terkenal dengan tagline Hidup Adalah Perjuangan itu.

“Jadi, Pak Amien gak ada hubungannya sebetulnya, lha kalau sekarang mau ditarik dari mana, lha uang dari mana-mana,” katanya.

Khususnya, kata SB, uang itu kebanyakan dari zakat, infaq, dan sodaqoh dari SB yang masuk ke rekeningnya Yuri diwujudkan untuk kegiatan sosial.

“Berapa jumlahnya, ntar kalau saya sebutkan dikira riya (pamer),”kata SB, yang menghadiri acara buka bersama Ketua MPR, Zulkifli Hasan, yang juga merupakan Ketua Umum PAN itu.

SB merupakan salah satu tokoh yang mendukung pencalonan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kancah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 itu.

Wartakota