Sudirman Said Apresiasi Kebersamaan Seluruh Pihak dalam Perumusan RPJMD

Ngelmu.id – Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said, mengapresiasi kehadiran dan kebersamaan seluruh pihak dalam perumusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2017-2022.

Menurut Sudirman kebersamaan ini merupakan langkah awal yang positif dan sebagai batu pijak yang baik dalam proses sinkronisasi.

“Setelah dua pekan yang lalu kita fokus pada penyiapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018, hari ini kita mulai dengan proses yang lebih strategis yakni menyiapkan RPJMD,” ujar Sudirman usai rapat perumusan RPJMD di Ruang Pola, Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (2/6).

Sudirman merasa bersyukur karena semua pihak nampak antusias dalam kebersamaan untuk membangun Jakarta lima tahun ke depan.

“Saya bersyukur semua pihak tadi sangat antusias sangat positif baik dari eksekutif, legislatif dan sejumlah BUMD hadir menjadi saksi menjadi bagian dari proses membangun kebersamaan, karena program yang baik harus dibangun bersama-sama,” kata Sudirman.

Mantan Menteri ESDM itu juga menekankan apa yang dilakukan tim sinkronisasi dengan seluruh SKPD, legislatif, Sekda Pemprov DKI Jakarta sudah sesuai dengan legalitas dan anjuran dari Mendagri. Diantaranya Permendagri no 54 tahun 2010 yang mensyaratkan agar janji kampanye dimasukkan dalam RPJMD, kemudian ada Permen khusus No 32 tahun 2017 yang memberi petunjuk penyusunan RKPD 2018.

“Saya menekankan ini proses yang legitimate memang diamanatkan oleh Mendagri sehingga proses ini berjalan dengan baik dan sesudah ini kita akan ikuti diskusi per tema jadi kita akan sinkronkan semua,” jelasnya.