[video] Detik-detik TNI Patahkan 36 Lapis Hubble disaksikan Presiden Jokowi

Atraksi TNI saat  peringatan HUT TNI ke-72 Kamis (5/10/2017), masih menjadi topik hangat pekan ini. Debus yang merupakan tradisi asal Banten ini dipertontonkan di hadapan Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, pejabat tinggi negara, hingga tamu negara.

Tak hanya debus, Jokowi dan sejumlah petinggi negara lainnya juga disuguhi atraksi ketangkasan prajurit, yakni memecahkan batako dengan tangan kosong setebal 36 tingkat. Aksi ini pun disambut antusias.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga dibuat takjub saat menyaksikan simulasi perang udara antara pesawat Indonesia melawan pesawat musuh. Hingga akhirnya, TNI AU berhasil menembak jatuh pesawat musuh, yang akan memasuki teritorial udara nusantara.

Dua kapal selam milik Indonesia juga tak kalah pamor. TNI AL memamerkan simulasi pertempuran dasar laut melawan kapal musuh yang ada di permukaan laut.

Di tengah sengitnya pertempuran, KRI Nagapasa, kapal selam terbaru TNI AL, melakukan manuver transfer logistik secara vertikal dari atas helikopter.

Tak hanya itu, Jokowi juga dibuat terpukau dengan aksi 72 penerjun dari tiga matra yang melakukan pendaratan di atas perahu karet milik TNI AL. Perahu karet itu disusun dua tingkat, dengan tumpuan sejumlah prajurit TNI.