[video] Hari ini Erdogan dan 55 Juta warga Turki lakukan pemilihan suara untuk New Turkey

Ngelmu.id – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya telah memberikan suara mereka dalam referendum nasional pada amandemen konstitusi untuk menggantikan sistem parlementer negara dengan sistem presidensial.

Erdogan mengatakan referendum itu suara untuk masa depan orang Turki.

Warga Turki telah mulai memberikan suara dalam referendum kunci pada apakah akan mengadopsi sistem presidensial dengan kekuasaan eksekutif yang diperluas.

Dalam referendum ini diberikan dua Pilihan “Evet’ atau “Ya” dan “Hayir” atau “Tidak”. Pilihan “Evet” memberikan presiden kekuatan baru untuk menetapkan menteri, pejabat negara tingkat tinggi dan wakil presiden, serta setengah anggota di badan peradilan tertinggi di negara itu. Ini juga akan memungkinkan presiden untuk membubarkan parlemen, dan mengeluarkan keputusan eksekutif dan keadaan darurat.

Perubahan konstitusi negara Turki ini didukung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, Partai yang berkuasa yaitu Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) yang didirikan oleh Erdogan, dan juga didukung oleh pimpinan-kanan Partai Aksi Nasionalis (MHP), yang dukungan parlemen nyasangat penting untuk mengambil amandemen melalui pemilihan suara di publik Turki.