[video] Kapolda Sumut Yang Pernah Memberi Penghormatan Kepada Habib Rizieq Kini Dicopot Dari Kapolda Sumut, Tapi Malah Didoakan Jadi Kapolri, Gantikan Tito

Akhirnya Kapolri Tito Karnavian melakukan mutasi kepada Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Dimana jabatan Kapolda Sumut yang diembannya selama 9 bulan, kini digantikan oleh Irjen Pol Paulus Waterpau, seorang putra Papua yang beristrikan perempuan keturunan Batak bermarga Pasaribu.

Rotasi dan mutasi jabatan Rycko dan 108 anggota Polri lainnya tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1408/VI/2017 tanggal 2 Juni 2017.

Penting untuk diketahui, ketika masih menjabat sebagai Kapolda Sumut, Rycko ikut memberi sambutan dalam Aksi Bela Islam di Medan Sumut tanggal 28 Desember 2016.

Saat itu, Rycko memberikan penghormatan luar biasa untuk Habib Rizieq yang juga turut hadir.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyebut Habib Rizieq adalah Imam Besar Umat Muslim Indonesia.

Berikut videonya:

Karena keberanian Rycko inilah, netizen merespon pencopotan Rycko ini dengan doa indah. Ya, netizen ramai-ramai mendoakan agar Rycko menjadi Kapolri.

“Insya Allah Beliau kelak menjadi Kapolri, jika setuju silakan Retweet,” tulis akun @FeryMokoginta.

“Amin ya Allah jadikan bapak ini sebagai Kapolri agar hukum bisa tegak lurus terhadap semua golongan,” kicau akun @SaifulAnwar_GC.

“Allahu Akbar…!!! Semoga Rycko Jadi KAPOLRI. Lebih cepat, lebih baik!,” harapan akun @wartapolitik.

Ada juga netizen yang berharap pak Rycko bisa menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Dalam twit-nya netizen ini mention admin Humas Polri dan Presiden Jokowi juga Wapres Jusuf Kalla.

“..min @DivHumasPolri bapak rycko ini bagus gantiin tito karnavian jadi kapolri menurut rakyat @jokowi @Pak_JK,” twit akun @ARRahma00369925.

Selanjutnya Irjen Rycko Amelza Dahniel bakal menjadi Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) yang berkedudukan di Semarang. PEKANEWS