[Video] Ketika Jokowi Senam Maumere Bersama Para Menteri dan Mahasiswa di Istana Bogor

Ngelmu.id – Mengisi waktu akhir pekan, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk menghadiri acara Penguatan Pendidikan Pancasila yang diselenggarakan oleh Unit Kerja Presiden bidang Pemantapan Ideologi Pancasila di Istana Bogor, Sabtu (12/8). Acara diawali dengan senam bersama. 

Seperti yang diliput oleh Kumparan, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 08.26 WIB. Jokowi mengenakan pakaian olahraga dan celana training warna hijau.

Tak lama berselang setelah kedatangan Jokowi datang, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno yang juga anggota Dewan Pengarah UKP-PIP juga tiba di lokasi. Kemudian Ketua Dewan Pengarah UKP-PIP Megawati Soekarnoputri juga tiba menggunakan mobil Lexus warna hitam.

Presiden Joko Widodo Presiden bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno senam bersama 540 mahasiswa dalam rangkaian acara Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila di halaman Istana Bogor.

Seskab Pramono Anung, serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang turut ikut senam mengambil posisi di depan barisan. Sedangkan Jokowi mengambil posisi senam di belakang bersama Menkopolhukam Wiranto serta musisi Giring Nidji.

Jokowi terlihat santai mengikuti gerakan dari instruktur senam yang berada di depan. Senam pagi itu diiringi oleh lagu Maumere.

Presiden Jokowi setelah senam

Usai senam Presiden langsung menyapa para mahasiswa dan dosen yang merupakan perwakilan dari 105 perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Beberapa Tokoh yang terlihat hadir di Istana Bogor pagi ini

Selain tokoh-tokoh yang telah disebutkan sebelumnya, pada acara ini, hadir pula tokoh-tokoh agama seperti Buya Syafii Ma’arif, dan juga Romo Benny Susetyo. Grup band Nidji juga tampil dalam acara Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila yang berlangsung 11-12 Agustus, yang antara lain mencakup pemaparan materi mengenai Pancasila dan pemutaran film “Pancasila Cita-cita dan Realita”.