Wow, Kontestan Miss Universe Muslim Ini Cetak Sejarah, Pakai Kaftan di Kompetisi Bikini

Ngelmu.id – Seorang kontestan Miss Universe membuat heboh serta mencetak sejarah. Adapun yang membuat kontestan Miss Universe tersebut menghebohkan adalah dirinya tampil mengenakan kaftan pada ajang yang seharusnya merupakan ajang kompetisi kostum pakaian renang.

Pada tanggal 18 Juli 2017 yang lalu, Muna Jama, perempuan muslim asal London yang menjadi kontestan Miss Universe Britania Raya 2017, nyaris ttidak bisa berjalan ‘manggung’ di ajang Miss Universe tersebut. Hal itu dikarenakan keputusannya untuk tidak ingin ikut kompetisi kostum pakaian renang, sebagai bagian dari tahap eliminasi ajang Miss Universe.

Sebagai seorang muslim, Jama merasa memperlihatkan tubuhnya dengan mengenakan pakaian minim seperti bikini atau baju renang tidak sesuai dengan ajaran agamanya. Syukurnya, setelah keengganannya itu dibicarakan dengan pihak penyelenggara kompetisi, Jama akhirnya diperbolehkan untuk tampil mengenakan “pakaian tertutup apapun yang ia mau”.

Keputusan Jam akhirnya dia melenggang di atas panggung dengan tampil tertutup namun elegan mengenakan kaftan panjang bermotif warna-warni. Melengkapi penampilannya, Jama juga mengenakan kalung choker dan anting bulat berwarna silver yang berkilauan serta sepatu hak tinggi.

Penampilannya tersebut segera menjadi sorotan oleh publik dan warganet. Publik dan warganet menyebut penampilannya tersebut sebagai penampilan yang “bersejarah” dan merupakan “inspirasi”.

Dalam sebuah wawancara sebelum penampilannya tersebut, Jama sempat menyampaikan cerita di balik penampilannya. Jama menceritakan bahwa dirinya sempat ragu untuk menyampaikan keresahannya soal kompetisi bikini itu kepada pihak penyelenggara. Namun, setelah pada akhirnya dirinya didengar, Jama meyakini itu baru pertama kali ada seseorang yang berani menyampaikan keberatan ataupun ide seperti itu.

“Saya tidak mengenakan bikini jika pergi ke pantai. Jadi, buat apa saya mengenakannya di atas panggung hanya untuk sekadar mendapat skor dalam sebuah kompetisi?” tutur Jama.

Di Instagram, Jama juga mengunggah fotonya yang tampil berkaftan di panggung kompetisi bikini dan menuai apresiasi dari warganet.

“Anda telah menginspirasi banyak orang yang berpikir bahwa mereka tak bisa menyuarakan pandangan mereka,” tulis seorang warganet.

“Terima kasih karena telah menyuarakan dan mempertahankan apa yang Anda yakini,” sahut warganet lain.

“Menyukai dan setuju dengan apa yang kamu ungkapkan. AKan selalu mengingat kamu dalam hal ini. Kamu telah menginspirasi banyak orang yang mungkin berpikir mereka tidak bisa lakukan.” tulis warganet lain di instgramnya.

Berikut beberapa komentar dari warganet di instagram Jama;

 

 

Sumber: Teen Vogue/Global News