Kapolri Akan Bertemu Kepala Polisi Myanmar Bahas Etnis Rohingya

Ngelmu.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan bahwa dirinya berencana akan menemui Kepala Kepolisian Myanmar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membahas tentang permasalahan yang menimpa etnis Rohingya.

Tito mengatakan akan menyempatkan waktu di tengah-tengah kegiatan 37th Aseanapol Conference. Adapun kegiatan 37th Aseanapol Conference tersebut akan digelar pada 12-14 September 2017 di Singapura. 

“Saya nanti tentu minta waktu bilateral meeting dengan Kepala Polisi Myanmar untuk juga diskusikan soal masalah ini, termasuk sharing pengalaman kami dalam menangani kelompok-kelompok yang dianggap mungkin bersenjata, supaya korban masyarakat tak terjadi,” kata Tito, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (9/9). 

Tito tidak menampik bahwa permasalahan yang menimpa etnis Rohingya itu menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Halmitu dikarenakan masalah etnis Rohingya merupakan masalah kemanusiaan. Menurut Tito, sayangnya masalah kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan politiknya sendiri. 

Sebagai umat muslim, Tito menyatakan keprihatinannya dengan apa yang terjadi pada etnis Rohingya di Rakhine. Tito juga menambahkan bahwa pemerintah pasti melakukan banyak langkah-langkah untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.