Ketika “Air Tuba Dibalas dengan Air Susu” oleh Pria Muslim Inggris

Ngelmu.id – Seperti inilah seharusnya akhlak seorang muslim. Perbuatan buruk dari seseorang untuknya, dibalas dengan kebaikan. Hal yang sulit dilakukan tapi berarti bukannya tidak mungkin dilakukan.

Akhlak mulia pria muslim Inggris ini telah membuat terpesona publik di Inggris. Bahkan berbagai media Inggris memviralkan kisah keteladanannya tersebut.

Nama pria yang telah membuat kagum itu Aminur Chowdhury (30). Lelaki muslim yang tinggal di Bradford dan menjadi WN Inggris ini suatu saat yang lalu telah dilecehkan secara rasis karena identitas muslimnya tersebut oleh Ben Gallon (27), seorang tunawisma di luar pub Delius di Claremont, Bradford.

Adapun yang dilakukan Aminur bukannya membalas dengan kembali melecehkan atau menghina Ben Gallon, namun ia justru memutuskan untuk memaafkan Ben dan memulai percakapan dengan Ben.

“Saya berhenti dan mengajaknya berbicara dari hati ke hati selama 15 menit,” kata Aminur.

Setelah berbicara dari hati ke hati dengan Ben, Aminur menyampaikan bahwa dirinya ingin membantu Ben untuk memperoleh pekerjaan. Aminur pun meminta nomor telepon Ben.

Pada awalnya Ben menganggap ini hanya sekedar basa-basi sebagai bentuk kesopanan. Tetapi ternyata esok harinya Ben ditelepon oleh Aminur yang memberitahukan Ben untuk menyiapkan diri untuk menjalani wawancara kerja.

“Keesokan harinya dia (Aminur) menelpon saya, dan berkata ‘bolehkah saya datang menjemputmu Ben, saya sudah dapat wawancara kerja untuk Anda’. Pada hari yang sama, dia datang untuk menjemputku, mengantarku ke tempat di Canal Road dan dalam sepuluh menit kemudian saya mendapat pekerjaan itu,” cerita Ben. 

Tak hanya mencarikan pekerjaan untuk Ben, Aminur pun membantu Ben mencari apartemen untuk disewa sebagai tempat tinggalnya agar Ben tidak lagi menjadi tunawisma. Ben mendapatkan balasan yang membuatnya terkesima.

Sebuah balasan yang sempurna untuk pelecehan yang dilakukan oleh Ben Gallon. Balasan yang selanjutnya membuat Ben berubah 180 derajat.

“Tidak ada pembenaran untuk perbuatan (rasis) saya. Salut kepadanya karena memaafkan saya. Saya sangat menyesal. Hal positif telah mengatasi situasi ini. Saya sudah kapok. Apa yang saya katakan sebenarnya tidak menggambarkan karakter saya, saya bukan rasis. Sekarang kondisiku sudah jauh menjadi baik. Saya sudah bekerja, dan ini sungguh sangat fantastik,” kata Ben dengan penuh sesal.

Lalu mengapa Aminur melakukan itu? Ada alasan tersendiri. Aminur sudah lama menjadi target pelecehan rasialis dan menurut Aminur, cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan menunjukkan toleransi dan cinta. Hal itu pun sebenarnya yang diajarkan Islam dalam berperilaku.

“Saya menyadari bahwa saya tidak bisa menjadikan dunia ini lebih baik, tapi saya mencoba untuk mendidik masyarakat. Semakin Anda menunjukkan cinta, semakin senang mereka dengan Anda,” tutur Aminur.

Ini merupakan sikap yang menakjubkan dan membutuhkan keluasan hati untuk memaafkan serta membalas perbuatan jahat dengan kebaikan. Apalagi mengingat Bradford pernah mengalami kerusuhan rasialis yang sangat parah. Paling serius terjadi pada tahun 2001. Ketika itu ada 300 polisi terluka dan 297 orang ditangkap.

Ada pelajaran dari Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam bagi kita semua dan apa yang dilakukan oleh Aminur menegaskan hal tersebut. Apa itu? Cara terbaik untuk memenangkan hati adalah dengan akhlak yang baik. Membalas kejahatan yang dilakukan seseorang dengan kebaikan adalah suatu yang lebih utama dan lebih baik.

Kisah keteladanan Aminur ini telah banyak diberitakan media-media di Inggris.

Bradford man helps homeless man who racially abused him find a home and job

http://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/bradford-man-helps-homeless-man-who-racially-abused-him-find-a-home-and-job-9453200.html

Man turned the other cheek to racist outburst to help find a home and a job for his homeless abuser

http://www.thetelegraphandargus.co.uk/news/11234068.Racist_outburst_led_to_man_transforming_the_life_of_his_homeless_abuser/

Bradford man helps homeless man who racially abused him find a home and job

http://www.tmg-uk.org/bradford-man-helps-homeless-man-who-racially-abused-him-find-a-home-and-job/

Homeless Man Racially Abuses a Muslim Man, He Responds by Finding Him a Job and a Home

http://ilmfeed.com/homeless-man-racially-abuses-a-muslim-man-he-responds-by-finding-him-a-job-and-a-home/